Pemerintah Kota Tangerang Banten melibatkan sebanyak 532 orang yang terdiri dari 390 atlet, 48 pelatih, 46 asisten pelatih, 25 ofisial dan 25 manajer pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten, 9-13 Juni 2024.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Kaonang, di Tangerang, Senin, mengatakan menjadi tuan rumah kali ini, Kota Tangerang memaksimalkan enam cabang olahraga tambahan yaitu senam, menembak, dayung, anggar, panjat tebing dan angkat besi.

Sedangkan kontingen Kota Tangerang pada Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Pepaperda) yang akan berlangsung pada 2-5 Juli untuk delapan cabang dengan jumlah personel 70 orang terdiri dari 30 atlet, delapan pelatih, 10 asisten pelatih, 21 ofisial dan satu manajer.

“Saya mohon doa dan dukungan masyarakat, mari kita sukseskan penyelenggaraan Popda XI dan Pepaperda yang akan berlangsung di Kota Tangerang. Ayo pastikan penyelenggaraan di Kota Tangerang akan sukses prestasinya, administrasi dan penyelenggaraannya," kata Kaonang dalam acara hitung mundur Popda XI dan Pepaperda VIII di Taman Elektrik Kota Tangerang, Senin.

Baca juga: IPSI Tangerang sebut persiapan atlet jelang POPDA Banten sudah 80 persen

Perlu diketahui kegiatan ini digelar 26 hari menjelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI dan 51 hari menjelang Pepaperda VIII Provinsi Banten tahun 2024 yang akan diselenggarakan di Kota Tangerang sebagai tuan rumah.

Kegiatan yang diresmikan langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin beserta jajaran OPD terkait ini juga sebagai event launching maskot Popda XI dan Pepaperda VIII yaitu ikan bloso. "Ini merupakan salah satu hewan yang ikonik di Sungai Cisadane, Kota Tangerang," ujarnya.

Kaonang menambahkan kegiatan ini merupakan momentum untuk mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat Banten umumnya dan Kota Tangerang pada khususnya, bahwa Popda XI akan berlangsung pada 9 - 13 Juni dan Pepaperda VIII yang akan berlangsung pada 2 - 5 Juli.

“Sebagai tuan rumah, 99 persen Kota Tangerang dalam kondisi siap. Baik itu dalam sisi venue, pelayanan, maupun para atlet Kota Tangerang yang akan bertanding penuh di 25 cabang olahraga yang akan dipertandingkan,” katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang siapkan 25 arena untuk Popda Banten 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024