Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian pada kegiatan Riung Mungpulung pada peringatan HUT ke-25 Kota Cilegon, Sabtu mengklaim sejumlah capaian keberhasilan kepemimpinan era Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta. 

Helldy Agustian menyebut janji- janji kampanye saat Pilkada bahkan telah direalisasikan di mana salah satunya dari berbagai upaya yang dilakukan kepemimpinan nya berhasil menurunkan angka pengangguran di Kota Cilegon dari sebelumnya di angka 12,69 persen atau sebanyak 25.976 orang pada tahun 2021 lalu, kini dalam tiga tahun terakhir turun sebanyak 5,44 persen atau tersisa sebanyak 15.010 orang pengangguran.

"Dari saat kami menjabat pengangguran di Kota Cilegon 12,69 persen kemudian pada saat tahun 2023 turun menjadi 7,25 persen maka selama 2 tahun 8 bulan Alhamdulillah pengangguran di Kota Cilegon turun sebanyak 5,44 persen. Pak wali berapa jumlah orang nya? Kalau dulu 25.976 pada tahun 2023 jumlah nya itu menjadi 15.010 orang," papar Helldy dalam sambutannya.

Baca juga: Pengumuman pemenang desain kawasan warnai Riung Mungpulung HUT Kota Cilegon

Helldy menyebut turunnya angka pengangguran itu tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan pihaknya. Diantaranya menjalankan program pelatihan keterampilan, mengadakan program pemagangan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan hingga fasilitasi para pelaku usaha agar bisa berkembang dan menyerap tenaga kerja.

"Semua kami upayakan mulai dari pemagangan dengan melibatkan perusahaan-perusahaan di Kota Cilegon hingga fasilitasi pelaku usaha. Alhamdulillah kami memberikan bantuan, untuk UMKM kami hidupkan, NIB kami gratiskan, halal kami gratiskan, HAKI kami gratiskan, expired kami gratiskan, pelatihan-pelatihan lainnya Alhamdulillah pada tahun 2022 turun lagi. dari 12,69 persen saat itu menjadi 8,10 persen. Dan pada 2023 turun lagi menjadi 7,25 persen," kata Helldy.

Selain capaian realisasi terkait keberhasilan menekan angka pengangguran, Wali Kota Cilegon juga menyebut sejumlah capaian lainnya yang telah dilaksanakan yakni pemberian bantuan beasiswa full sarjana kepada 3.000 mahasiswa selama tiga tahun terakhir dari target capai sebanyak 5.000 orang. Kenaikan gaji RT/RW dari Rp500.000 menjadi Rp1.000.000.

Kenaikan honor guru madrasah dari Rp300.000 menjadi Rp600.000 dan layanan kesehatan bagi masyarakat melalui program Universal Health Coverage (UHC) yakni sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga Kota Cilegon memiliki akses layanan kesehatan di seluruh tempat layanan kesehatan hanya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Baca juga: Helldy ajak RT/RW bantu sosialisasikan Mal Pelayanan Publik Cilegon

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024