Pemerintah Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten merapikan kabel yang menjuntai di atas jalan di lima ruas jalan, dan akan dimasukkan kabel optik yang berada di dalam tanah.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Tangerang Kamis mengatakan, lima ruas jalan yang jadi sasaran perapian itu yakni Jalan Serua Raya, Jalan Merpati Raya, Jalan Menjangan Raya, Jalan WR Supratman, dan Jalan Kelurahan Ciater.

"Ada lima ruas jalan yang Insya Allah kabel-kabel optik kita masukkan ke dalam tanah," kata Pilar saat melakukan sidak lapangan.

Ia menjelaskan, ke depannya Kota Tangerang Selatan terbebas dari kabel-kabel yang menjuntai melintang di atas jalan. Bila kabel tersebut tidak bisa di bawah tanah, maka dirapikan one pull untuk beberapa operator. "Intinya rapih," katanya.

Baca juga: Pasca Lebaran, volume sampah di Tangsel meningkat

Ia meyakini jika perapian ini bisa dilakukan, maka potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tangerang Selatan dapat meningkat, termasuk melakukan pendataan secara lengkap bersama Apjatel untuk merapikan kabel-kabel yang menjuntai.

"Kita buat rapih supaya estetika kota terjaga, dan tidak mengganggu keselamatan pengguna jalan dan pengguna trotoar. Kan sudah banyak kasus-kasus akibat kabel menjuntai ini. Mereka sudah komitmen ya," katanya.

Penataan kabel ini katanya, ditargetkan rampung pada tahun 2024. Apabila ruas jalan tersebut tidak bisa dilakukan subduct (jenis pipa yang digunakan untuk instalasi jaringan kabel atau selongsong kabel fiber optik) di bawah tanah, ia meminta untuk melakukan perapian agar tidak ada yang menjuntai.

"Tiang-tiang yang dimiliki oleh Apjatel kita pangkas semua. Semuanya kita masukkan ke dalam tanah, mereka sudah siap tanpa APBD, jadi semuanya biaya dipersiapkan oleh teman-teman pengusaha jasa telekomunikasi," kata Pilar.

Baca juga: Pj Wali Kota Tangerang meminta RPJPD manfaatkan PSN di Tangsel

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024