Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang mengungkapkan ada 16 kasus penanganan kesehatan di pos pelayanan kepada pemudik selama periode mudik Lebaran seperti pusing, lemas, mual hingga alami kecelakaan.

Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan di Tangerang, Banten Selasa mengatakan kasus tersebut tersebar di sejumlah pos pelayanan kesehatan seperti Jatake, Terminal Poris, Robinson dan markas.

Dari 16 kasus, sebanyak 12 kasus penanganan dapat dilakukan secara langsung di pos pelayanan sehingga tidak perlu dirujuk seperti keluhan mual, pusing, demam hingga pembersihan luka melalui kompres karena alami kecelakaan.

Baca juga: PMI Tangerang terjunkan relawan kesehatan di posko mudik

Sedangkan empat kasus lainnya dilakukan rujukan ke rumah sakit terdekat seperti kasus penurunan kesadaran yang masuk melalui Pos Jatake dan dirujuk ke RS An-Nisa. Lalu kasus luka di area pelipis, bengkak, muntah, pusing dan sesak yang juga dirujuk ke RS An-Nisa

"Kemudian ada kasus kecelakaan di sekitar Tangcity Mall yang dirujuk ke RSUD Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Ade menambahkan sebagian besar pelayanan kesehatan bagi pemudik selama periode arus mudik dan balik lebaran berjalan lancar dengan kesiapsiagaan petugas gabungan.

"Semuanya berjalan dengan lancar karena petugas kita juga siaga di lapangan," ujarnya.

Perlu diketahui sebanyak 1.416 petugas gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD, Dinas Kesehatan, PMI, Pramuka serta jajaran samping Pokdarkamtimnas dan Senkom disiagakan terkait pengamanan Idul fitri 2024 di Kota Tangerang.

Baca juga: PMI Banten turunkan ratusan relawan bantu pemudik Lebaran

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024