Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Banten, mendata jumlah pengunjung ke taman tematik selama libur Lebaran pada 10 - 15 April 2024 mencapai 12.753 orang.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh di Tangerang, Selasa, mengatakan dari 16 lokasi taman tematik yang dibuka selama libur Lebaran, Taman Elektrik paling banyak dikunjungi masyarakat karena berada di samping Masjid Raya Al Azhom.

"Jadi mereka mengunjungi Taman Elektrik dan juga ke Masjid Raya Al Azhom beribadah. Apalagi kini sudah ada payung Masjid Nabawi yang menjadi daya tarik," katanya.

Baca juga: Pasca Lebaran, volume sampah di Tangsel meningkat

Rizal mengatakan akhir pekan lalu menjadi puncak kunjungan paling banyak masyarakat ke Taman Elektrik sebelum kembali aktif bekerja pada hari ini.

Apalagi banyak pelaku UMKM yang berjualan, sehingga warga juga datang untuk berwisata kuliner sekaligus menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di Taman Elektrik.

"Laporan kami, sejak sore hingga malam hari sudah penuh. Sebab yang datang juga dari warga luar Kota Tangerang. Pantauan petugas, sangat padat sekali," ujarnya.

Baca juga: 265.796 penumpang berangkat dari empat stasiun di Kota Tangerang

Lokasi kedua yang ramai dikunjungi yakni Taman Gajah Tunggal mencapai 2.948 orang, lalu lokasi ketiga adalah Taman Kunci dan Potret mencapai 2.566 orang.

"Di dua lokasi ini memang banyak spot Instagrambel untuk foto, khususnya anak muda. Maka itu lokasi ini menjadi tempat favorit bagi kalangan muda," ujarnya.

Taman lain yang banyak juga dikunjungi adalah hutan kota mencapai 1.517 orang, Taman Ecopark mencapai 667 orang, Taman Pisang ada 464 pengunjung, Taman Pramuka 254, dan lainnya.

Sementara itu 16 lokasi taman tematik yang dikunjungi masyarakat selama libur Lebaran adalah Taman Gajah Tunggal, Taman Burung, Taman Kunci dan Potret, Taman Bambu, Taman Hutam Huta, Haman Prestasi, Taman Pramuka, Taman Ecopark, Taman Ecofarm, Taman Ekspresi, Taman Pisang, Alun - Alun Pinang, Cemara Karang, Alun - Alun Cibodas, dan Taman Elektrik, serta Skatepark.

Baca juga: Wali Kota usul bangun "community center" di Masjid Kali Pasir
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024