Dinas Perhubungan Provinsi Banten akan menambah sekitar 700 penerangan jalan umum (PJU) di jalan-jalan utama yang menjadi kewenangan Provinsi Banten termasuk di jalur wisata.

"Tahun 2024 ada pemasangan PJU baru, rencana dipasang mulai bulan Mei," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo di Serang, Sabtu.

Ia mengatakan sekitar 700 lampu PJU tersebut, nantinya ada yang dipasang nempel di tiang PLN dan ada juga tiang mandiri khusus untuk PJU di jalan provinsi.

Tri berharap dengan penambahan PJU tersebut akan menambah keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, terutama dalam penerangan jalan serta bisa mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas terutama pada malam hari juga mengantisipasi kejahatan di jalan raya.

Baca juga: Pergerakan arus lalu lintas di Lebak H-4 Lebaran mulai meningkat

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dalam Rapat Persiapan Pengamanan dan Pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M menyampaikan pihaknya memastikan pengamanan dan pelayanan mudik Lebaran 2024 aman dan nyaman agar masyarakat yang mudik selamat sampai tujuan.

Al Muktabar mengatakan Pemerintah Provinsi Banten telah berbagi tugas sesuai kewenangan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelayanan mudik Lebaran 2024 kepada masyarakat.

“Kita telah membagi kewenangan. Untuk kewenangan Provinsi terus kita proses, termasuk Penerangan Jalan Umum (PJU),” kata Al Muktabar.

Al Muktabar juga memastikan kesiapan pemerintah kabupaten/kota untuk pelayanan di destinasi wisata saat libur Lebaran, termasuk PJU yang terus berproses.

Baca juga: PLN UID Banten pastikan siaga 24 jam selama mudik Lebaran

Dalam upaya pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2024, Dinas Perhubungan Provinsi Banten bersama dinas/lembaga terkait, menyiapkan sekitar 16 posko penjagaan dan pengaturan lalu-lintas pelayanan arus mudik Lebaran 2024.

Posko dan titik lokasi pengaturan lalu-lintas arus mudik lebaran 2024 tersebut di antaranya, posko utama berlokasi di Dinas Perhubungan Provinsi Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Kota Serang.

"Adapun posko utama pengatur lalin berlokasi di Mercusuar Anyer, Serang," kata Kadishub Banten Tri Nurtopo.

Sedangkan posko di jalur lalu lintas arus mudik di wilayah Banten ada 16 lokasi, di antaranya, di exit tol Merak-Cilegon, fly over Merak Cilegon, Simpang Cikuasa Bawah Cilegon, Simpang Kantor KSKP Merak, Simpang PCI Cilegon, Jalan Lingkar Selatan Citangkil Cilegon.

Baca juga: Kapolda Banten imbau pemudik tak ragu istirahat di pos pelayanan

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024