Jumlah peserta mudik gratis Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Kota Tangerang mencapai 3.400 orang, meningkat dari tahun lalu yang tercatat 3.048 orang.

"Peserta mudik gratis tahun ini meningkat dari 3.048 di tahun 2023 menjadi 3.400 orang di tahun ini," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Achmad Suhaely di Tangerang, Banten, Kamis.

Peningkatan ini juga selaras dengan hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT). Berdasarkan data menunjukkan potensi mobilitas masyarakat secara nasional akan meningkat 71,7 persen dengan sekitar 28 juta (14,6 persen) berasal dari Jabodetabek.

Berdasarkan data survei tersebut menjelaskan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik, khususnya yang meninggalkan Jabodetabek, sangat besar.

Baca juga: Pemkab Tangerang buka posko pengamanan libur Lebaran di pusat keramaian

"Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang juga memperkirakan potensi terjadinya peningkatan mobilitas masyarakat, khususnya di Kota Tangerang," katanya.

Selain itu Dishub Kota Tangerang juga telah melakukan beberapa persiapan khusus, seperti melakukan uji kelayakan (ramp check), memasang Rambu Penduhulu Petunjuk Jalan (RPPJ),  melakukan tes kesehatan, mendirikan posko mudik, sampai berkoordinasi dengan petugas gabungan yang terlibat dalam Operasi Ketupat Jaya 2024.

Adapun titik lokasi posko mudik antara lain di Terminal Poris Plawad, CBD Ciledug, Kebon Besar, Robinson, Kebon Nanas, Tang City Mall, Alam Sutera Mall, dan Pertigaan Gajah Tunggal.

Baca juga: Puluhan sopir bus mudik gratis di Tangerang jalani tes urine

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024