Pemerintah Kota Tangerang mengoptimalkan kegiatan ramp check di empat lokasi seperti Terminal Poris Plawad dan titik-titik keberangkatan bus yang melayani rute mudik guna memastikan kendaraan angkutan tersebut layak jalan.

"Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bus yang menjadi sarana transportasi pemudik dalam kondisi laik jalan," kata Pj Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang, Banten, Jumat.

Kemudian Pemerintah Kota Tangerang juga telah menyiapkan skenario terkait musim mudik Idul Fitri 1445 H seperti mengintegrasikan program dengan instansi lain.

Kemudian Pemkot Tangerang telah membentuk delapan posko terpadu yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan dan pusat informasi seputar perjalanan mudik.

Baca juga: Dishub Kota Tangerang lakukan "ramp check" angkutan Lebaran

Lalu upaya untuk membantu dan mempermudah pemudik yang nantinya melintasi Kota Tangerang, juga akan memasang rambu dan petunjuk arah portable di sejumlah jalan protokol yang menjadi lintasan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Supaya bisa terbantu dan perjalanan mudik lebih efektif, jadi mudik bisa asik dan aman," kata dia.

Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely mengatakan pengecekan dilaksanakan terhadap bus dalam kota maupun bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)

Ramp check meliputi tiga unsur, yaitu unsur administrasi mulai dari kepemilikan kartu izin muatan, kartu izin STUK, dan SIM pengemudi. Unsur teknis utama di antaranya terkait sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, ban, perlengkapan dan dimensi muatan.

Baca juga: BPBD Banten antisipasi bencana jelang arus mudik-balik Lebaran

Terakhir, unsur teknis penunjang yakni pengukuran kecepatan, sistem penerangan dan badan kendaraan serta kelengkapan kendaraan. Tak terkecuali terkait dengan wiper, lampu dan lainnya.

Jika bus tidak lulus ramp check akan diberikan catatan untuk segera dilakukan perbaikan dan tidak diperbolehkan berangkat membawa penumpang.

“Sedangkan yang lulus ramp check bus akan ditempelkan stiker laik jalan. Ini yang perlu diketahui dan dipahami masyarakat,” katanya.

Baca juga: Amankan mudik Lebaran, Polda Banten kerahkan 3.708 personel

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024