Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Habitat for Humanity menyelenggarakan pelatihan konstruksi serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan setiap kelas berisi 30 peserta.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BLK Kota Tangerang Yasin Surya di Tangerang, Kamis, mengatakan pelatihan berisi berbagai kelas kepelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri konstruksi yang sedang berkembang seperti pelatihan atap baja ringan, pelatihan plambing atau pipa, serta pelatihan dinding atau pasang bata.

“Kami terus mendorong upaya kolaborasi untuk mencetak tenaga kerja unggul yang dimiliki Kota Tangerang. Khususnya di bidang konstruksi, kami menggandeng pihak profesional untuk memberikan pelatihan dan pendampingan lebih lanjut selama sepuluh hari ke depan,” kata dia.

Baca juga: Catat, Disnaker Kota Tangerang buka pelatihan pencetakan digital gratis

Ia melanjutkan, pelatihan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja, khususnya di bidang konstruksi.
Pelatihan yang diselenggarakan pada 20-30 Maret 2024 tersebut dilengkapi dengan sertifikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing kompetensi di dunia industri.

“Setelah dibuka secara resmi kemarin, puluhan peserta yang didominasi anak-anak muda tersebut akan melakukan pelatihan di bawah bimbingan langsung para fasilitator profesional di bidangnya,” ujarnya.

Pelatihan tersebut diharapkan mampu menghasilkan angkatan tenaga kerja berkualitas yang relevan dengan kebutuhan industri, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran terbuka di Kota Tangerang.

"Ini juga bagian yang kita lakukan dalam menekan angka pengangguran," ujarnya.

Baca juga: BLK Disnaker Kota Tangerang buka pendaftaran pelatihan teknik pendingin

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024