Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang, Banten melalui Balai Latihan Kerja (BLK) setempat membuka pelatihan desain grafis dan pencetakan digital secara gratis bagi masyarakat.

Kepala UPT BLK Kota Tangerang Yasin Surya di Tangerang, Senin, mengatakan pendaftaran pelatihan desain grafis angkatan kedua dibuka selama 13 Maret-17 April 2024.

Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi Tangerang LIVE pada menu Tangerang Cakap Kerja fitur Pelatihan BLK. Kuota yang disediakan terbatas dan dikhususkan bagi warga Kota Tangerang usia 18-35 tahun.

"Pelatihan ini akan memberikan materi berupa teori 20 persen dan praktik 80 persen. Tentunya dengan dibekali uang transpor selama mengikuti pelatihan,” katanya.

Baca juga: BLK Disnaker Kota Tangerang buka pendaftaran pelatihan teknik pendingin

Ia mengungkapkan pelatihan desain grafis dan pencetakan digital berlangsung selama satu bulan, 23 April-30 Mei 2024 di BLK Kecamatan Tangerang.

Peserta juga akan didampingi oleh pengajar berkompeten di bidangnya dan telah bersertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Pelaksanaan pelatihan di ruang lab komputer, serta mereka juga nantinya akan mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi BNSP dan praktik kerja di perusahaan yang telah bekerja sama dengan BLK Kota Tangerang,” katanya.

BLK Kota Tangerang berharap, program pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal.

"Program BLK Kota Tangerang telah terbukti mampu menekan angka pengangguran secara signifikan melalui program pelatihan berkualitas yang selama ini sukses dilakukan," katanya.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang buat ruang inkubasi untuk praktik peserta BLK

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024