Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang, Banten, menggelar Pesantren Ramadhan di seluruh SD dan SMP pada 28 Maret-5 April 2024 untuk mengoptimalkan pendidikan karakter bagi siswa.

Kepala Disdik Kota Tangerang Jamaluddin, di Tangerang, Kamis, mengatakan program ini mempunyai banyak manfaat terutama menguatkan pendidikan karakter yang dibutuhkan generasi muda saat ini.

"Program ini rutin kita gelar setiap tahun dan sangat besar manfaatnya untuk menguatkan pendidikan karakter siswa," kata Jamaluddin.

Baca juga: Polres Metro Tangerang dirikan 26 pos antisipasi tawuran selama Ramadhan

Menurut dia, pihaknya juga telah menyiapkan formula materi khusus yang akan diterapkan selama program Pesantren Ramadhan berlangsung.

Misalnya, menerapkan pendidikan berbasis penguatan karakter, praktik ibadah, sampai tadarus selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung.

Seperti yang telah diterapkan sebelumnya, Disdik Kota Tangerang juga akan mengisi KBM dengan materi-materi berbasis pendidikan karakter dan ibadah yang bisa diterapkan oleh para pelajar dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Disdik Kota Tangerang juga berharap program Pesantren Ramadhan pada tahun ini dapat direalisasikan secara lebih maksimal.

"Apalagi program Pesantren Ramadhan dinilai bermanfaat dalam membentuk generasi muda yang berakhlakul karimah di Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: Awas, asupan nutrisi tidak terkontrol sebabkan berat badan naik saat puasa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024