Sebanyak 100 jenis tanaman obat keluarga (Toga) di Kelompok Wanita Tani (KWT) Mina Tani Lestari Kelurahan Panunggangan Barat Cibodas, Kota Tangerang telah dipasang barcode untuk memudahkan warga mengetahui informasi dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

"Jadi, ini untuk memudahkan masyarakat yang datang untuk mendapatkan informasi mengenai tanaman dan manfaatnya," kata Ketua KWT Mina Tani Lestari, Tina Maretina di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan KWT Mina Tani Lestari berdiri sejak 2021, dan ke depan akan terus bertambah jenis tanaman yang dipasang barcode, mulai dari sayuran hingga buah-buahan.

Ia menambahkan adanya barcode di setiap tanaman toga ini bertujuan untuk mengimplementasikan program smart city di Kota Tangerang.

"Inovasi ini merupakan pertama kalinya di seluruh KWT di Kota Tangerang, bahkan se-Provinsi Banten," katanya.

Baca juga: Petani jahe wanita di Tangerang raup Rp1,5 juta per bulan

Harapannya, pengunjung yang datang ke KWT Mina Tani Lestari dapat dengan mudah mengetahui informasi jenis tanaman hingga khasiat dan manfaat dari tanaman tersebut lewat pemanfaatan digitalisasi.

"Karena kita ketahui kini sudah eranya digitalisasi, hampir setiap orang sudah memiliki gadget untuk mengaksesnya,” ujarnya.

Sementara itu, untuk mengaksesnya, pengunjung tinggal membuka aplikasi Google, lalu klik tanda kamera, setelah muncul frame di layar, arahkan ke barcode yang terpasang dan klik link barcode tersebut. Nanti muncul informasi tentang nama dan manfaat tanaman tersebut.

Ia mengungkapkan KWT Mina Tani Lestari sering menjadi lokasi wisata edukasi untuk anak-anak dari TK hingga SMA. Bahkan, menjadi tempat penelitian dari universitas di Kota Tangerang dan sekitarnya.

"Diharapkan lewat barcode ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk lebih mengenal tanaman dan manfaatnya," pungkas Tina Maretina.

Baca juga: Pj Wali Kota Tangerang minta camat kembangkan kelompok wanita tani

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024