Jakarta (Antara News) - Badan Koordinasi Kesenian Hindu (BKKH) Provinsi Banten menyelenggarakan pentas seni budaya keagamaan Hindu Festival Gong Kebyar Antar Banjar se Provinsi Banten Tahun 2017 Minggu (22/10) di Wantilan Parahyangan Jagatguru Tangerang Selatan.

Kegiatan yang bertemakan "Kita wujudkan keindahan seni budaya Hindu dalam kehidupan beragama", Festival Gong Kebyar Pria diikuti seluruh Banjar se provinsi Banten, kecuali Banjar Ciledug, walaupun demikian Banjar Ciledug menampilkan Sekeha Gong Wanita sebagai pembuka acara tersebut.

Festival dibuka Pembimas Hindu Kemenag Provinsi Banten, Sunarto dengan pemukulan Kulkul (kentongan dari bambu).

Dalam sambutannya, Pembimas memberikan dukungan yang sangat luar biasa pada kegiaatan festival ini yang tentu akan mempopulerkan kebudayaan Hindu di Provinsi Banten. Kegiatan yang akan menjadikan seni dan budaya kita terus dapat berkembang.

Hadir dalam festival ini, Ketua PHDI Provinsi Banten, Ketua Paruman Walaka, Ketua PHDI Kota/Kabupaten, Ketua Lembaga-lembaga PHDI Provinsi Banten, ketua-ketua Banjar dan undangan lainnya. Bale Wantilan Parahyangan Jagatguru terasa sangat sempit karena banyaknya umat yang hadir menyaksikan festival gong kebyar ini.

Ketua PHDI Provinsi Banten, Ida Bagus Alit Wiratmaja dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat positif akan kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan asal-usul dari Gong Kebyar, sebagai semangat seniman dalam mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya.

Menurutnya, berdasarkan sejarah Gong Kebyar pertama dimainkan di Desa Bungkulan Buleleng pada tahun 1915 dan kemudian didukung dengan lahirnya tarian Kebyar Duduk Maestro Penari Ketut Mario dari Tabanan.

Panitia yang diketuai I Wayan Kurnada dalam laporannya menyampaikan bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pembinaan pada sekeha Gong di Propinsi Banten, memberikan motivasi kepada banjar-banjar untuk lebih giat dalam berkesenian.

Terbukti kegiatan ini sangat didukung oleh semua banjar, terlihat dari tampilnya sekeha Gong yang belum lengkap dengan nama sekehanya, yang utama adalah berani tampil dan akan diberikan hadiah piala serta uang pembinaan kepada sekeha yang berprestasi.

Dewan juri profesional dari DKI Jakarta, Anak Agung Panji dan Wayan Arnawa. menetapkan pemenang sebagai berikut, Sekeha Gong Mertasari Banjar Rempoa sebagai juara 1, Sekeha Gong Gita Wira Nare Swara Banjar Serang sebaai juara 2, Sekeha Kerawitam Jagatguru Tangerang Selatan sebagai juara 3, sedangkan Sekeha Gong Gita Merdangga Kertajaya Tangerang dan Sekeha Gong Megambel Tigaraksa sebagai juara harapan 1 dan 2.

Semua pemenang Festival Gong Kebyar selain mendapatkan piala juga uang pembinaan diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Bazari Syam.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017