Persebaya Surabaya menang dengan skor 2-1 atas tamunya PSS Sleman pada laga pekan ke-27 Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu.

Dua gol Persebaya tercipta melalui M Iqbal pada menit ke-1 dan Bruno Moreira pada menit ke-30. Sedangkan gol balasan PSS Sleman dicetak oleh Esteban Vizcarra pada menit ke-47.
 
Dengan hasil pertandingan tersebut, Persebaya naik ke peringkat sembilan klasemen sementara dengan total 35 poin dari 27 pertandingan. Sementara PSS Sleman tetap di peringkat ke-14 dengan total 31 poin dari 27 pertandingan.
 
Sejak babak pertama dimulai, penggawa Persebaya langsung menyerang pertahanan lawan dan M Iqbal membuka keran gol pada menit pertama lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Skor sementara berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Main di kandang, Persita Tangerang menyerah dari Borneo FC 0-1
 
PSS Sleman yang tertinggal di menit awal langsung membalas menyerang, namun pertahanan klub berjuluk Bajol Ijo tersebut masih kuat.
 
PSS Sleman membuat peluang melalui kaki Hokky Caraka pada menit ke-11, namun masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Persebaya yang dikawal Andhika Ramadhani.
 
Persebaya yang ingin menambah pundi-pundi gol membuat peluang lewat Paulo Henrique yang mendapat umpan dari Tata pada menit ke-12, namun sayang tendangannya melebar ke sebelah kiri penjaga gawang PSS Sleman yang dikawal Anthony Pinthus.
 
Dusan Stevanovic membuat peluang pada menit ke-20 melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti, namun tendangannya masih bisa ditepis penjaga gawang Anthony Pinthus dan hanya menghasilkan tendangan pojok.
 
Pada menit ke-29, pemain asing Persebaya asal Brasil Paulo Henrique lepas dari pengawalan dan dijegal oleh penjaga gawang Anthony Pinthus, akhirnya wasit menunjuk titik putih.

Baca juga: PSSI dorong klub Liga 1 dan 2 perkuat pembinaan talenta muda
 
Bruno Moreira yang mengambil kesempatan tersebut tidak menyia-nyiakan, sontekannya berhasil mengelabui penjaga gawang PSS Sleman pada menit ke-30.
 
Skor sementara berubah menjadi 2-0, keunggulan bagi tuan rumah.
 
PSS Sleman yang tertinggal dua gol, makin memperkuat serangannya, alhasil Hokky Caraka membuat peluang dan berhadapan langsung dengan Andhika Ramadhani pada menit ke-34, namun masih bisa ditepis.
 
Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum kedudukan sementara masih 2-0, keunggulan untuk Persebaya.

Baca juga: RANS pecat Almeida dan tunjuk Francis Wewengkang jadi pengganti
 
Pada babak kedua, PSS Sleman langsung menyerang pertahanan Persebaya, hasilnya Esteban Vizcarra menjebol gawang Andhika Ramadhani pada menit ke-47. Skor sementara berubah menjadi 2-1.
 
Beberapa kali pemain PSS Sleman Elvis Kamsoba membuat peluang, pada menit ke-59 dan ke-70, namun tendangannya masih di atas mistar gawang Persebaya.
 
Menjelang akhir pertandingan, pasukan Super Elang Jawa meningkatkan intensitas serangan melalui umpan-umpan pendek antarpemain sehingga membuat pertahanan Persebaya sedikit keteteran.
 
Namun Persebaya masih mampu membuat peluang menjelang akhir pertandingan melalui Toni Firmansyah yang menggantikan M Iqbal, sayangnya tendangan jarak jauhnya masih melebar tipis dari gawang PSS Sleman.
 
Hingga wasit asal Bandung Ginanjar Rahman Latief meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 2-1 untuk kemenangan klub kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut.
 
Pada pertandingan selanjutnya Persebaya akan melawat ke kandang Borneo FC pada 7 Maret, sedangkan PSS Sleman juga akan melakoni laga tandang ke markas PSM Makassar pada 8 Maret.

Baca juga: Semen Padang susul PSBS Biak promosi ke Liga 1

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024