Bandung (Antara News) - Easton Park Residence Jatinangor, Sumedang menggandeng Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB untuk merangkul segmen mahasiswa di kawasan tersebut mengingat setiap tahunnya terdapat sekitar 11.700 mahasiswa baru yang menuntut ilmu di Jatinangor.

"Kerja sama KKP ITB ini diharapkan membangun sinergi yang baik sekaligus memberi manfaat bagi semua pihak," kata Direktur Utama PT Kalmar Jaya, Dadang Tahya selaku pengembang Easton Park Residence di Bandung, Kamis.

Dadang menambahkan, kawasan pendidikan Jatinangor sangat prospektif karena terdapat empat perguruan tinggi dengan total mahasiswa sekitar 46.000 orang, sedangkan harga apartemen di Jatinangor terus meningkat.

"Kalau tahun 2013 unit Easton Park Residence Jatinangor harganya masih Rp160 juta unit. Kini, sudah meningkat menjadi Rp320 juta per unit," kata Dadang.

Menurut dia, di tengah pelambatan ekonomi nasional, investasi properti dapat menjadi pilihan. Ketika ekonomi membaik harga properti akan ikut meningkat.

Sementara itu, Ketua KKP ITB Haryo Satrio Tomo mengatakan, kerja sama dengan Kalmar merupakan bagian dari pengubahan lini bisnis. Koperasi yang memiliki 3.000-an anggota ini ingin setara dengan korporasi swasta lainnya.

"KKP ingin mengubah pola bisnis. Biasanya layanan anggota yakni simpan pinjam dan konsumsi, kini masuk jasa dan produksi," ujar dia.

Potensi Investasi

Sementara itu, Kalmar menjanjikan capital gain 10 persen per tahun bagi para investor yang membeli apartemen. Hunian vertikal yang konstruksinya telah rampung 100 persen dan beroperasi sejak 2015 tersebut memiliki 1.535 unit.

Di kawasan Jatinangor terdapat kampus Intitut Teknologi Bandung (ITB), Univesitas Padjajaran (Unpad), Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin), dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

"Hal itu membuat prospek sewa apartemen di kawasan Jatinangor, Sumedang menjadi sangat bagus," kata Iwan Risdianto, Vice President Coldwell Banker Property Connections Residential, di tempat yang sama.

Kawasan tempat berdirinya Easton Park Residence juga terus berbenah termasuk bergulirnya pembangunan infrastruktur Tol Cisumdawu sepanjang 60 kilometer yang akan menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

"Bahkan dengan adanya jalan tol ini akan semakin menghidupkan wilayah Jatinangor dan sekitarnya," papar Iwan.

Dia menjelaskan, kerja sama dengan KKP ITB dapat lebih memudahkan para orangtua mahasiswa untuk mendapatkan tempat kost yang aman dan nyaman. "Para mahasiswa dan orang tua cukup menghubungi koperasi untuk mendapatkan unit kost yang diinginkan," jelas dia.

Menurut Iwan, kerja sama ini memberi keuntungan bagi para orang tua atau penyewa. Mereka cukup menghubungi Koperasi ITB atau Homtel selaku rental management untuk mendapatkan informasi ketersediaan unit.

"Selain itu, Mendapatkan harga sewa terbaik serta mendapatkan lokasi kost yang aman dan nyaman," tuturnya.

Di sisi lain, tambah dia, bagi para pemilik unit terbantu karena tidak perlu mencari penyewa sendiri. Serta, tentu saja unit yang dimilikinya lebih terawat.

"Saat ini, harga sewa untuk ukuran studio berkisar Rp 2-2,5 juta per bulan. Sedangkan sewa harian berkisar Rp 250-350 ribu per hari," ujar Conny Aprilia, Manajer Area Homtel.

Project Manager Easton Park Residence, Yani Zuhaeni, menambahkan, proyek yang digarapnya sudah memiliki sejumlah fasilitas penunjang diantaranya kolam renang indoor, pusat kebugaran, arena bermain anak, ATM, dan area komersial.

Easton Park Residence berdiri di atas lahan seluas 6.272 meter persegi (m2), sedangkan luas bangunan 49.650 m2 dengan kapasitas 1.535 unit. "Hunian vertikal ini memiliki ketinggian 25 lantai dengan satu menara yang memiliki tiga sayap (wing)," ujar dia.

Unit yang ditawarkan mulai dari ukuran 20 m2, 27 m2 hingga 54 m2. Sedangkan harga tiap unit dibanderol mulai dari Rp320 juta per unit, Rp427 juta per unit hingga Rp900 jutaan per unit.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017