Harga beras medium di tingkat pengecer di Kabupaten Lebak, Banten mulai terjadi penurunan dengan rata-rata Rp1.000 per kilogram.

"Kami sudah dua hari ini membeli beras sebanyak dua kilogram dengan harga Rp26.000 dari sebelumnya Rp28.000/kg. Harga beras itu terjadi penurunan Rp1.000/kilogram," kata Eman (45) seorang konsumen warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Senin.
 
Penurunan harga beras medium di tingkat pengecer itu cukup menggembirakan masyarakat, karena sejak kemarau panjang tahun 2023 hingga kini harga bahan pokok itu melonjak.
 
Bahkan, dirinya hanya mampu membeli beras satu kilogram per hari untuk tiga anggota keluarga.

Baca juga: Kendalikan harga beras, Bulog Lebak-Pandeglang gelar operasi pasar
 
Namun, sejak dua hari terakhir ini mampu membeli beras sebanyak dua kilogram setelah adanya penurunan di pasaran.
 
"Kami berharap harga beras ke depan kembali normal dengan kisaran Rp8.500/kilogram, seperti semula," kata Eman yang sehari-hari berprofesi pengojek motor.
 
Aminah (45) seorang ibu rumah tangga warga Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengatakan dirinya merasa lega adanya penurunan harga beras di tingkat pengecer.
 
Sebab, sebelumnya harga beras berbagai jenis hampir setiap pekan melonjak dan dikhawatirkan orang berpenghasilan ekonomi rendah tak mampu membelinya.
 
"Kami hari ini membeli beras sebanyak tiga kilogram dengan harga Rp39.000 dari sebelumnya Rp42.000/kilogram," kata Aminah.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Perum Bulog Lebak-Pandeglang jamin stok beras aman
 
Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Yani mengatakan pemerintah daerah dengan Satgas Pangan serta Perum Bulog Lebak-Pandeglang mengoptimalkan pasar murah untuk mengendalikan harga beras di pasaran.
 
Dalam operasi pasar murah itu dilakukan di 28 kecamatan dengan menjual  beras harga eceran tertinggi (HET) Rp10.900/kilogram.
 
Berdasarkan pemantauan, Senin, menunjukkan bahwa harga beras saat ini terjadi penurunan rata-rata Rp1.000/kilogram di tingkat pengecer.
 
Untuk beras medium KW 1 dijual Rp14.500 dari sebelumnya Rp15.500/kilogram, beras medium KW 2 dijual Rp13.500 dari Rp14.500/kilogram dan beras medium KW 3 dijual Rp13.000 dari sebelumnya Rp14.000/kilogram.
 
"Kami optimistis harga beras di pasaran bisa kembali normal, karena saat ini pasokan bahan pokok itu mulai melimpah dari hasil panen petani," katanya. 

Baca juga: Pemkot Serang bersama Bulog genjot operasi pasar murah

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024