Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, menyiagakan sebanyak 292 tenaga kesehatan (nakes) untuk mendampingi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS).

"Untuk mendukung penyelenggaraan pemilu, kami dari Dinas Kesehatan mengerahkan 202 petugas medis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis di Tangerang, Banten, Selasa.

Menurut Muchlis, pengerahan tenaga medis dari pemerintah daerah bertujuan untuk membantu kelancaran proses pemungutan suara, dengan memantau kesehatan para petugas KPPS dan PPS.

Dalam hal ini, lanjutnya, Dinkes Kabupaten Tangerang bersama pihak-pihak terkait telah membentuk tim kesiapsiagaan yang akan bertugas di seluruh TPS guna memantau kesehatan petugas KPPS dan PPS terkait data hasil skrining riwayat kesehatan.

"Petugas medis ini disiapkan sebagai upaya menindaklanjuti pemetaan risiko kerja petugas penyelenggara pemilu," tambahnya.

Baca juga: Dinkes Lebak siapkan tenaga medis dukung kelancaran Pemilu 2024

Sebanyak 292 nakes yang disiagakan itu terdiri atas 90 dokter, 110 perawat, dan 92 pengemudi mobil ambulans. Mereka akan ditugaskan di setiap posko di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

"Tim mobile di setiap kecamatan dan posko pemilu untuk memberikan pelayanan pegawai. Kami juga telah berkoordinasi dengan RSUD dan RS swasta sebagai tempat rujukan perawatan," kata Muchlis.

Dia pun mengimbau seluruh petugas KPPS dan PPS untuk menjaga kesehatan dengan istirahat dan konsumsi asupan bergizi yang cukup.

"Kami hanya menyarankan para petugas penyelenggara nantinya agar bisa menjaga stamina dengan beristirahat yang cukup dan bisa mengonsumsi makanan bergizi," ujarnya.

KPU Kabupaten Tangerang telah menetapkan daftar pemilih tetap berkelanjutan yang diperbarui sebanyak 2.353.825 jiwa, dengan rincian 1.188.969 laki-laki dan 1.164.856 perempuan. Data itu diambil dari Pemilu 2019 yang telah dipadukan dengan data kependudukan secara nasional.

Pada Pemilu 2024, KPU Kabupaten Tangerang menetapkan sebanyak 9.016 TPS yang tersebar pada 274 desa dan kelurahan.

Baca juga: Disnaker Lebak imbau perusahaan liburkan karyawan pada hari pencoblosan

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024