Tangerang (Antara News) - Kota Tangerang kembali meraih Piala Adipura Kencana Kategori Kota Metropolitan dari pemerintah pusat karena kemampuannya dalam menyelesaikan masalah lingkungan.

Penyerahan Piala Adipura Kencana tersebut dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 dan Landmark Hutan di Halaman Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta, Rabu.

Adipura Kencana diserahkan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution kepada Wali Kota Arief R Wismansyah disaksikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo

Piala Adipura Kencana ini merupakan Piala Adipura ke-7 bagi kota yang sedang bertransformasi menjadi Kota Seribu Industri Sejuta Jasa. Sejak tahun 2011 sampai 2017 secara berturut-turut Kota Tangerang selalu mendapatkan Piala Adipura.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Banten, menuturkan, penghargaan tersebut menjadi pelecut bagi seluruh pihak terkait di Kota Tangerang untuk bisa mewujudkan sebuah kota yang indah dan nyaman.

"Penghargaan ini memotivasi kita untuk menjadikan Kota Tangerang yang bersih yang indah dan nyaman untuk kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan piala Adipura Kencana ini terus kita jaga kita pertahankan," ujarnya.

Dengan diraihnya Adipura Kencana, Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk terus membudayakan hidup bersih dan sehat.

"Tentunya kita mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk berbudaya hidup bersih, hidup indah untuk keberlangsungan kota ini untuk anak cucu kita. Ini sekaligus juga menjadi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat mewujudkan kota Tangerang yang berwawasan lingkungan," ujarnya.

Wali kota juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para petugas lapangan yang sudah mengorbankan waktunya demi terwujudnya Kota Tangerang yang bersih, indah dan nyaman.

"Terima kasih untuk semua petugas. Dan kesejahteraan mereka juga terus kita tingkatkan sudah sama dengan UMR," ujarnya.

Sementara itu menyinggung soal penghijauan, wali kota juga berharap masyarakat bisa berperan aktif dengan minimal bisa melakukan penghijauan di pekarangan rumahnya.

"Kita nanti akan bikin surat edaran ke RT/RW agar setiap kegiatan masyarakat bisa diwajibkan untuk menanam pohon. Kalau lihat instruksi presiden tadi minimal seumur hidup kita nanam 25 pohon, nanti mungkin bisa kita terapkan," katanya.

Wali kota juga menegaskan komitmennya untuk menerapkan kebijakan pembangunan berwawasan lingkungan demi keberlangsungan hidup di masa depan.

"Bahwa pembangunan yang kita lakukan sudah seusai dengan bagaimana mewujudkan kota Tangerang yang berwawasan lingkungan. Walaupun perjalanan masih panjang paling enggak penghargaan ini menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi," tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017