Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyebutkan ada 10 negara yang melakukan investasi selama tahun 2023.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang Selatan Maulana Prayoga Utama di Tangerang Senin mengatakan 10 negara terbesar tersebut adalah Singapura, Tiongkok, India, Hong Kong, Jerman, Jepang, Malaysia, Korsel, Belanda, dan Spanyol.

"Total realisasi penanaman modal asing selama tahun 2023 tercatat sebesar Rp1,2 triliun," kata Prayoga dalam keterangannya.

Ia mengatakan untuk rincian investasi penanaman modal asing meliputi kesehatan, pendidikan, jasa konsultan, pariwisata, olahraga dan sebagainya sebesar Rp 288,4 miliar.

Lalu sektor perdagangan dan reparasi sebesar Rp 227,1 miliar. Sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi sebesar Rp200 miliar. Sektor hotel dan restoran Rp187,4 miliar sektor perumahan kawasan industri dan perkantoran sebesar Rp83,6 miliar.

Baca juga: DKP Kota Tangerang gelar gerakan pangan murah di 39 titik

Sementara untuk realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tahun 2023 senilai Rp 6,2 triliun dengan rincian sektor jasa yang terdiri dari kesehatan, pendidikan, jasa konsultan, pariwisata, olahraga dan sebagainya sebesar Rp 2,4 triliun.

Sektor perumahan kawasan industri dan perkantoran senilai Rp 1,5 triliun, lalu sektor perdagangan dan reparasi sebesar Rp987 miliar. Sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi senilai Rp314,6 miliar, sektor konstruksi sebesar Rp307,5 miliar.

"Dari PMA dan PMDN yang lebih mendominasi Investasi Tangsel adalah sektor jasa lainnya seperti kesehatan, pendidikan, jasa konsultan, pariwisata dan lainnya," katanya.

Sementara untuk realisasi secara keseluruhan tahun 2023 investasi di Kota Tangerang Selatan mencapai Rp7,4 triliun dan melebihi target yang dicanangkan sebesar Rp4,6 triliun

Ia berharap dengan keberhasilan yang dicapai jadi pemicu agar realisasi investasi di Tangsel mengalami peningkatan sehingga memberikan dampak positif pada roda perekonomian di Tangerang Selatan.

"Pastinya harapan kita investasi berdampak positif untuk semua aspek terutama lapangan pekerjaan bertambah, roda ekonomi berputar," katanya.

Baca juga: MUI apresiasi program Khomil Quran SMPN 9 Kota Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024