Serang  (Antara News) - Sebanyak 160 atlet pelajar tingkat SD-SMP mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD-SMP Tingkat Provinsi Banten tahun 2017, yang akan digelar di GOR Kopassus dan Stadion Maulana Yusuf Cicieri, Kota Serang.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra (Asda I) Pemprov Banten Anwar Mas'ud mewakili Gubernur Banten Wahidin Halim, di Pendopo Gubernur, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Rabu.

Sekretrais Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Ardius Prihartono mengatakan, 02SN SD-SMP akan mempertandingkan 5 cabang olahraga yaitu  atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat dan karate.

"Tentunya kegiatan ini untuk mencari para juara tingkat provinsi yang nantinya akan mewakili nama daerah kita untuk berlaga di tingkat nasional di Kota Medan, Sumatera Utara," kata Ardius.

Menurutnya, tujuan diselanggarakannya kegiatan tahunan ini, yakni untuk menciptakan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang olahraga serta ajang seleksi persiapan kontingen Banten mengikuti O2SN tingkat nasional. Selain itu juga untuk meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif, meningkatkan kesehatan jasmani, mutu akademi khusus, kompetitif yang sehat, melatih sifat sportivitas dan tanggungjawab serta mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga.

"Pengenalan olahraga sedini mungkin kepada para siswa diharapkan dapat meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa di sekolah, dan pada akhirnya diharapkan dapat menunjang peningkatan kualitas akademis serta terpilihnya siswa-siswi terbaik sebagai bibit unggul atlet dalam bidang olahraga," kata Ardius.

Sementara Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra (Asda I) Pemprov Banten Anwar Mas¿ud berharap, dari ajang kompetisi O2SN tersebut semua peserta dapat bertanding secara sehat, penuh semangat  dan mentaati rule of game yang telah ditetapkan panitia.

"Kami berharap dari ajang ini akan banyak dihasilkan calon-calon olahragawan masa depan yang memberikan kontribusi yang penting bagi kemajuan olahraga di tingkat provinsi, nasional bahkan international," kata Anwar.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan moment yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik,  bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan menghargai kekuatan lawan.

"Kita tidak hanya mencari juara, kita juga ingin mendapatkan para ksatria yang bertarung dengan segala kemapuan terbaik mereka," kata Anwar.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017