Serang  (Antara News) - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melepas 197 petugas pelayanan pelaksanaan Ibadah Haji 1438 H/2017 M bagi jamaah haji asal Provinsi Banten, di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Selasa.

Para petugas itu meliputis 73 orang dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yang direkrut oleh Pemprov Banten, dan 124 orang  dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Dalam kesempatan tersebut Andika juga memberikan pembekalan kepada para petugas serta mengingatkan agar tugas yang diemban dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Sehingga, para tamu Allah yang membutuhkan bantuan agar dapat beribadah sebaik mungkin.

"TPHD merupakan tugas yang sangat mulia, tetapi memiliki sisi tanggung jawab yang sangat luar biasa. TPHD harus memberikan pelayanan pada jamaah calon haji Banten agar dapat beribadah haji dengan baik dan nyaman," katanya.

Wagub Andika berharap, pelaksanaan musim haji tahun ini berjalan dengan baik. Wagub meminta kesiapan para petugas yang sudah dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan memadai.

"Saya berharap para petugas haji dapat memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji asal Banten, baik dalam bimbingannya maupun kesehatannya," kata Andika.

Wagub Andika menitipkan pesan agar para petugas haji untuk dapat mendoakan keberlangsungan pemerintahan provinsi Banten dan masyarakat Banten agar lebih maju dan sejahtera.

"Saya memohon agar dapat memanjatkan doa untuk Pak Gubernur dan saya, seluruh Kepala OPD agar diberikan kekuatan, kesehatan dan bimbingan yang baik dalam menjalankan amanah serta dapat memeberikan pelayanan dan kontribusi kepada masyarakat Banten kedepan agar lebih baik dan sejahtera," kata Andika.

Kepala Biro Kesra Pemprov Banten Irvan Santoso mengatakan, untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada jemaah haji, pihaknya bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Banten tahun ini berusaha untuk berkontribusi terhadap peningkatan indeks kepuasan jamaah haji dengan meningkatkan kualitas dan kinerja petugas kloter dan memberi bimbingan teknis yang terkoordinasi kepada petugas haji yang ditunjuk.

"Petugas haji ini hasil seleksi yang cukup ketat dan sudah diberikan bimtek. Mudah-mudahan kinerjanya akan lebih baik dalam pelayanan jamaah haji asal Banten," kata Irvan.

Sementara Kanwil Kemenag Provinsi Banten Bazari Syam mengatakan, petugas haji harus memiliki komitmen, kompetensi dan integritas terhadap pelayanan demi kelancaran dan ketertiban jamaah dalam melaksanakan ibadah.

"Petugas haji itu harus mampu mengelola tugasnya dengan baik, berkoordinasi mengantisipasi permasalahan yang mungkin timbul dan bisa memberikan solusi yang tepat dan cepat bagi kepentingan jamaah," kata Bazari Syam.

Menurutnya, jumlah calon jemaah haji asal Banten tahun 2017 ini mencapai 9.420 orang. Para jemaah dan petugas tersebut angkat diberangkatkan ke dalam 2 gelombang dengan jumlah kelompok terbang (kloter) sebanyak 25 kloter.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017