Tangerang  (Antara News) - Kota Tangerang mendapatkan anugerah sebagai Kota Layak Anak dari Kementerian karena upaya dan terobosan yang dilakukannya seperti membuat taman yang nyaman dan aman bagi anak - anak.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana, Rachmat Hadis di Tangerang, Senin, mengatakan penghargaan diterima oleh Wali Kota Tangerang dalam acara Hari anak Nasional di Kantor Gubernur Riau tanggal 23 Juli 2017.

Pemkot Tangerang, lanjutnya, terus meningkatkan peran serta anak dalam segala hal dan melalui program-program yang mendukungnya.

Seperti kampung anak, Forum Anak Kota Tangerang, Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A), festival anak hingga memberikan ruang layak anak seperti di sekolah-sekolah, maupun di pusat pelayanan seperti Puskesmas, rumah sakit umum, kantor kecamatan.

"Taman-taman juga kami coba maksimalkan sebagai ruang interaksi dan kreativitas bagi para anak, sehingga Kota Tangerang dan Indonesia akan semakin layak bagi tumbuh kembang anak," jelasnya.

Tak hanya dianugerahi sebagai Kota Layak Anak (KLA), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang juga menempatkan wakilnya yaitu Meycan, Siswi SMA Negeri 11 Kota Tangerang sebagai duta anak mewakili Provinsi Banten.

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah memberikan apresiasi atas penghargaan itu. Begitu juga dengan prestasi anak Kota Tangerang karena sebagai duta mewakili Provinsi Banten.

Kedua capaian tersebut, tutur Arief, diharapkan dapat semakin memberikan motivasi pada kami serta masyarakat untuk terus berupaya mewujudkan KLA yang mampu mempersiapkan generasi masa depan.

Sehingga ke depan anak-anak di Kota Tangerang dapat menjadi generasi pemimpin yang bermanfaat dan mampu memajukan bangsa dan kotanya.

"Anak sebagai aset masa depan, tentu harus dipersiapkan dengan baik. Kami akan terus upayakan agar KLA di Kota Tangerang semakin baik lagi, di mana hak para anak terjamin dengan baik," ujarnya.

Oleh karena itu, Pemkot Tangerang terus menata berbagai fasilitas publik tak terkecuali ruang-ruang yang layak bagi anak-anak agar dapat berinteraksi dan tumbuh kembang dengan baik.    Seperti diperbanyaknya taman-taman, karena menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi daerah-daerah dalam mewujudkan KLA dan salah satunya seperti adanya taman kota.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017