Tangerang (Antara News) - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tangerang Cikokol, menyerahkan klaim asuransi jaminan kematian (JKM) dan jaminan kecelakaan kerja (JKK) sebesar Rp611,5 juta kepada dua ahli waris tenaga kerja peserta dalam acara Corporate Gathering yang diselenggarakan pada hari Selasa (18/7).

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Banten Teguh Purwanto menjelaskan, penerima manfaat jaminan kecelakaan kerja tersebut adalah ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan dari PT Pandrol Indonesia dan PT YKK AP.

"Dengan adanya penyerahan santunan ini diharapkan akan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap pentingnya manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, khususnya bagi masyarakat pengusaha dan pekerja di wilayah Kota Tangerang," ujar Teguh.

Kegiatan Corporate Gathering merupakan bentuk penghargaan BPJS Ketenagakerjaan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki kriteria baik dalam membayar iuran tepat waktu, perusahaan daftar sebagian (PDS) upah, program maupun tenaga kerja, perusahaan dan pengguna aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP), dari 100 Perusahaan peserta yang diundang dan memenuhi kriteria tersebut diambil tiga.

Perusahaan terbaik diantaranya; Inter World Steel Mills Indonesia, Yuasa Battery Indonesia, Universitas Pelita Harapan, penghargaan ini dimaksudkan agar peserta terpacu untuk lebih tertib dalam memberikan laporan mutasi, pembayaran iuran maupun penggunaan aplikasi bantu untuk tujuan pelaporan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Pada kegiatan kali ini BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cikokol juga memberikan sosialisasi Program Manfaat Layanan Tambahan (MLT) perumahan pekerja yang ditujukan untuk memberi kemudahan memiliki rumah yang sehat, layak dan terjangkau dan mendukung percepatan program sejuta rumah pemerintah.

Adapun fasilitas pembiayaan yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan dalam program tersebut terdiri empat jenis, yakni pinjaman uang muka perumahan (PUMP), pinjaman renovasi perumahan (PRP), kredit kepemilikan rumah (KPR), dan kredit konstruksi.

Kegiatan gathering juga dihadiri oleh pejabat undangan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang Moh. Rahmansyah, Kepala Cabang Bank BJB Billy Rahadian Ramly, serta Kepala Bank BTN Kota Tangerang Sri Nuryanti di The Springs Club Summarecon Serpong Tangerang

Teguh lebih jauh mengatakan, menyambut baik kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan karena dapat meningkatkan rasa kebersamaan antara pemerintah, pengusaha dan pekerja, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan pekerja Indonesia maupun perlindungan jaminan sosial bagi pekerja.

Teguh juga menyampaikan BPJS Ketenagakerjaan saat ini berstatus badan hukum publik, sehingga dalam memberikan pelayanan tidak mengejar keuntungan, kalaupun ada surplus akan dikembalikan kepada anggota.

Pada kesempatan itu juga disampaikan sosialisasi manfaat layanan tambahan dari BPJS Ketenagakerjaan diantaranya pinjaman untuk membeli dan merenovasi rumah dengan bunga subsidi mengingat di kota Tangerang dan kota Tangerang Selatan banyak dibangun rumah subisdi.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017