Pandeglang (Antara News) - Sebanyak 798 muda praja Institut Pemerintah Dalam Negeri Bandung melaksanakan praktik kerja di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menerima muda praja IPDN di Pandeglang, Selasa, mengharapkan keberadaan muda praja IPDN diharapkan bisa memberikan transfer ilmu pada masyarakat setempat.

"Kami sangat senang Pandeglang me jadi lokasi praktek lapangan. Mudah- mudahan ada transfer ilmu  buat desa yang ada di Pandeglang, khususnya di enam kecamatan yang jadi lokasi praktik lapangan," katanya.

Bupati juga berharap agar para muda praja IPDN bisa melakukan pendampingan pada masyarakat desa sehingga warga bisa membangun desanya.

"Selama berada di Pandeglang, saya harapkan para muda praja bisa membaur dengan masyarakat setempat. Anggap saja Pandeglang sebagai daerah sendiri," ujarnya.

Deputi Gubernur IPDN  Khasan Effendy mengatakan para pelajar IPDN yang  melakukan peraktek lapangan sudah dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk pembangunan desa dan masyarakat.

"Dari 789 jumlah praja, terdiri dari praja putera 481 orang dan praja puteri 317 orang. Saat peraktik lapangan mereka  akan menerapkan beberapa aspek di antaranya pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan," katanya.

Peraktik lapangan ini merupakan wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat.

"Dengan praktik lapangan ini, para praja akan mengetahui secara langsung berbagai aktivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang dilaksanakan pada tingkat desa,¿ ujarnya.

Untuk lokasi, kata Hasan Effendi, terletak di enam kecamatan, yakni  Cadasari, Koroncong, Cimanuk, Kaduhejo, Banjar, dan Mekarjaya.

"Setiap kecamatan diambil sembilan desa jadi total lokasi praktik lapangan 54 desa. Para muda praja akan melaksanakan pengabdian pada masyarakat selama 14 hari," ujarnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017