Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah wilayah di Banten mulai Jumat siang hingga beberapa hari ke depan berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana di Serang, Jumat, mengatakan prakiraan cuaca itu terjadi di delapan daerah di Banten dengan risiko bencana bencana alam, seperti banjir, longsor, gelombang tinggi, dan pohon roboh.
 
Kedelapan daerah di Banten yang berpotensi dilanda hujan intensitas ringan pada siang hari, yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.
 
Dia menyebut suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan 65-95 persen dan angin bergerak dari arah selatan hingga barat daya dengan kecepatan 5-35 kilometer per jam.

Baca juga: BMKG dorong pemangku kepentingan perkuat manajemen pengetahuan bencana
 
BMKG juga mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, sedangkan Kota Cilegon, Kota Serang , Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan relatif aman dari hujan lebat disertai angin kencang dan petir.
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan tongkang, yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, dan Selat Sunda bagian selatan, karena tinggi gelombang di perairan itu mencapai 2,50 meter (sedang).
 
Situasi di tempat penyeberangan kapal Merak-Bakauheni relatif normal dan aman karena tinggi gelombang di Perairan Selat Sunda bagian utara 1,25 meter (rendah).

Baca juga: Musim hujan, Pj Gubernur Banten minta mitigasi bencana digalakkan

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024