Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), Selasa.

Kepala BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman, di Serang, Banten, Selasa, mengatakan pasca libur natal dan tahun baru melakukan pemantauan kehadiran ASN di lingkungan Pemkab Serang. Pemantauan dilakukan baik secara online melalui sistem informasi penilaian kinerja dan dengan datang langsung ke kantor OPD.
 
"Untuk pemantauan secara konvensional, hari ini kita datang langsung ke kantor Sekretariat Daerah (Setda) meliputi ULP, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPKD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Kita pantau kehadiran baik ASN ataupun non ASN,” katanya.
 
Dari hasil sidak yang dilakukan, kata Surtaman, tidak menemukan adanya ASN yang bolos bekerja atau tidak hadir tanpa keterangan. Adapun yang tidak hadir, dalam keterangan cuti dan sakit.
 
"Pegawai ASN baik non ASN, semuanya hadir 100 persen, yang tidak hadir itu ada cuti dan sakit. Satu OPD ada sekitar satu atau dua orang," katanya.

Baca juga: RSUD Serang lakukan penyesuaian tarif layanan kesehatan
 
Surtaman mengatakan, sidak akan dilakukan selama satu minggu ini secara acak ke kantor kantor OPD, hingga Kecamatan dan Puskesmas. Menurutnya, jika ditemukan ada ASN yang tidak hadir tanpa keterangan akan dipanggil untuk dilakukan pembinaan.
 
"BKPSDM memang sekarang sedang gencar melakukan pembinaan, artinya yang jarang masuk agar ngantor di BKPSDM nanti disuruh jaga, bersih-bersih, ikut apel awal tahun ada pegawai wajib ikut apel di BKPSDM dalam pembinaan,” katanya.
 
Oleh karenanya, Surtaman meminta kepada para OPD untuk melaporkan ke BKPSDM jika ada pegawai yang malas bekerja terlebih jarang masuk kantor. Pihaknya menegaskan akan memberikan pembinaan dan apel selama satu bulan di BKPSDM.
 
”Kalau sudah benar kita balikin lagi. Kita akan nasihati, wawancara oleh asesor kami. Jadi, kami minta OPD agar melapor agar kami bina dalam mewujudkan ASN berkinerja, ASN berakhlak dan ASN berbahagia," katanya.

Baca juga: Sebagian besar wilayah Banten diprakirakan hujan lebat disertai petir

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024