Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, akan merelokasi pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar sekitar Stasiun Kereta Api ke dalam Pasar Anyar.

Asisten Tata Pemerintahan Kota Tangerang Engkos Jarkasih di Tangerang, Selasa, menerangkan Pemkot melalui PD Pasar akan merelokasi PKL ke gedung Pasar Anyar yang memang sudah disediakan.

"Nanti semua akan kami pindahkan ke atas(Gedung Pasar Anyar, Red). Di sana masih banyak tempatnya," pungkasnya.

Dijelaskannya, penertiban terhadap PKL sudah kerap kali dilakukan apalagi saat lebaran yang semakin menjamur.

Pembuatan lapak oleh pedagang di trotoar jalan sangat menganggu hak pengguna jalan. Maka itu, pihaknya akan tegas untuk menertibkan.

"Terlebih banyak di antara mereka yang mencuri listrik lewat tiang-tiang PJU yang ada, makanya kita tadi juga melibatkan pihak PLN," ujarnya.

Sebelumnya pada malam Idul Fitri 1438 H, Wakil Wali Kota Sachrudin bersama dengan jajaran Satpol PP Kota Tangerang dan juga TNI dan Unsur Kepolisian Republik Indonesia melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar Pasar Anyar Kota Tangerang.

Penertiban para PKL yang berjualan disepanjang Jl. Pasar Anyar tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif berkat keterlibatan dari berbagai unsur mulai dari Satpol PP, Petugas Dinas Perhubungan, Pihak TNI dari Kodim 0506, Personil Kepolisian Polres Metro Tangerang dan juga dari pihak PLN.

Wakil Wali Kota Sachrudin menyampaikan, penertiban tersebut dimaksudkan untuk memberikan rasa kenyamanan bagi para masyarakat yang berkunjung ke Pasar Anyar.

Terlebih para penumpang kereta api, karena banyak pedagang yang memanfaatkan jalan di depan gerbang masuk Stasiun Kereta Api.

"Ini kita lakukan untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman di Kota Tangerang, sekaligus juga ketertiban karena hal itu merupakan tanggung jawab kita semua," ujarnya.

Wakil juga meminta kepada aparat yang melakukan penertiban untuk berlaku sopan dan mengedepankan tindakan persuasif.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017