Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto kembali meninjau langsung kesiapan pasokan kelistrikan Provinsi Banten dengan mengunjungi Posko Siaga PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten yang ada di Kabupaten Serang, Kota Serang, hingga Kota Cilegon, Minggu.

Upaya ini dilakukan untuk memastikan perayaan puncak malam Tahun Baru 2024 berjalan lancar dengan pasokan listrik andal.

Adapun posko siaga yang dikunjungi adalah posko siaga PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Cikande, PLN ULP Serang, dan PLN ULP Cilegon.

Baca juga: Pastikan kelistrikan Banten andal, Direktur Distribusi PLN pantau langsung

Tak hanya posko siaga, Adi Priyanto juga memeriksa kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa titik, salah satunya adalah SPKLU yang berada di kantor PLN ULP Cikande. Tinjauan SPKLU ini dilakukan untuk menunjang kenyamanan masyarakat pengguna "electric vehicle" (EV) ketika berpergian saat libur tahun baru.

Dalam tinjauannya Adi Priyanto meminta seluruh petugas siaga PLN UID Banten untuk mengamankan pasokan listrik khususnya di beberapa lokasi yang dipadati masyarakat saat perayaan malam tahun baru. Adi Priyanto menegaskan bahwa petugas harus harus "all out" dan rutin memantau sistem kelistrikan dari waktu ke waktu.

"Keandalan pasokan listrik harus dijaga agar pelanggan merasa nyaman baik mereka yang berada di rumah maupun di tempat-tempat umum ketika merayakan malam pergantian tahun. Kesiapan SPKLU juga harus dipantau agar masyarakat pengguna EV dapat terlayani dengan baik. Di sisi lain petugas harus mengedepankan "Standard Operating Procedure" (SOP) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) saat siaga," ujar Adi Priyanto.

Baca juga: Percepat ekosistem kendaraan listrik, PLN Banten lakukan pelatihan konversi

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menegaskan bahwa kelistrikan Banten aman dan dalam kondisi andal saat siaga malam tahun baru. Ia menjelaskan terdapat 60 posko siaga, 1.368 orang personil, hingga peralatan pendukung dan material cadang dalam jumlah cukup. Terkait SPKLU, Abdul Mukhlis menjelaskan hingga saat ini terdapat 21 titik SPKLU yang telah beroperasi.

"Secara keseluruhan daya mampu pasok UID Banten sebesar 6.469 MW (Megawatt) sementara beban puncak sebesar 4.163 MW. Sehingga kapasitas cadangan daya sistem sebesar 2.306 MW atau setara 35.64 persen. Adapun SPKLU yang dikelola oleh PLN UID Banten tersebar di 21 titik lokasi mulai dari kantor PLN, pusat keramaian, hingga "rest area," terang Abdul Mukhlis.

Abdul Mukhlis menambahkan bahwa saat ini untuk mengecek titik-titik mana saja yang terdapat SPKLU, masyarakat dapat menggunakan aplikasi PLN Mobile tepatnya pada fitur "Electric Vehicle" kemudian pilih SPKLU.

Baca juga: PLN Banten lewat Program Desa Berdaya siap lahirkan barista baru

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023