Seiring terus meningkatnya fasilitas layanan transportasi laut, kapal penyeberangan saat ini menjadi salah satu pilihan transportasi yang banyak diminati masyarakat.

Seperti pada musim angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, jumlah penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatra melalui Pelabuhan Merak mengalami peningkatan. Bahkan terhitung sejak H-7 hingga H+5 tercatat ada sebanyak 567.070 orang penumpang dan 130.484 unit kendaraan yang telah diseberangkan.

Tajudin seorang penumpang kapal Kirana IX pada Minggu mengatakan pelayaran penyeberangan pada musim libur kali ini terasa berbeda dan lebih nyaman. Itu karena kapal Kirana IX yang ditumpanginya dari Dermaga 1 Pelabuhan Merak menyiapkan sejumlah hiburan sehingga menyeberang baginya begitu terasa menyenangkan.

"Iya kali ini terasa beda karena ada hiburan yah. Biasanya kan kalau nunggu sampai itu lama terus kesel. Jadi gak bosen aja di kapal terutama kayak anak-anak jadi pada senang," kata Tajudin.

Baca juga: Posko SAR Merak disiagakan jelang pergantian tahun baru 2024

Manager PT Dharma Lautan Utama Cabang Merak, Wiweko Agung, Minggu, mengatakan kapal eksekutif Kirana IX milik DLU yang beroperasi di Dermaga 1 Pelabuhan Merak sepanjang musim angkutan libur Natal dan Tahun Baru menyelenggarakan Free Show. Mulai dari pertunjukan hiburan sulap badut dan berbagai perlombaan seperti lomba makan donat, tebak lagu, dan kata terbalik.

Hal ini untuk menghibur dan menciptakan suasana keceriaan kepada para penumpang agar tidak bosan selama pelayaran.

"Iya khusus pada musim angkutan libur Natal dan Tahun Baru ini, kami siapkan untuk anak-anak agar bisa menikmati Free Show dengan berbagai hiburan," kata Wiweko Agung.
 
Wiweko menambahkan, selain Kapal Kirana IX di Dermaga I, DLU juga mengoperasikan tiga armada kapal di Dermaga reguler yakni kapal  Kirana II dan Kapal Mustika di Dermaga II serta Kapal Kumala di Dermaga III yang berlayar dengan harga yang terjangkau dan fasilitas modern penunjang lainnya seperti Live Music gratis, standarisasi semua ruangan bersih dan ber AC, pemutaran hiburan film, hingga cek kesehatan dan pijat gratis, khususnya bagi pengemudi truk yang bisa dinikmati cuma-cuma sebagai apresiasi kepada pelanggan setia.

"Semua layanan ini tentunya bisa dirasakan di semua jalur pelayaran kami secara gratis ," kata Wiweko Agung. 

Baca juga: Penumpang dari Pelabuhan Merak-Bakauheni H+4 Natal capai 47.913 orang

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023