Lebak (Antara News) - Kepolisian Resor Lebak, Banten, mengoptimalkan patroli sepeda untuk pengamanan Lebaran 2017 dengan  berkeliling ke lokasi-lokasi rawan kejahatan di daerah ini.

"Semua petugas yang melaksanakan patroli bersepeda sebanyak 12 personel dan memberikan pengamanan selama 24 jam," kata Kabag Ops Polres Lebak Komisaris Andi Suwandi di Lebak, Kamis.

Pengoptimalan patroli bersepeda itu dengan mendatangi pusat keramaian, seperti pasar, terminal, stasiun, ATM, bank dan SPBU.

Selain itu juga berpatroli ke permukiman warga dan lokasi-lokasi rawan kejahatan.

Apalagi, saat ini banyak rumah warga yang ditinggal pemiliknya karena mudik lebaran ke kampung halaman.

Petugas melaksanakan patroli bersepeda menggunakan pakaian dinas dan dilengkapi senjata juga bekerja selama 24 jam dengan bergantian.

"Kami terus mengoptimalkan patroli sepeda itu," katanya.

Menurut dia, saat ini kejahatan yang menonjol di Kabupaten Lebak menjelang Lebaran diantaranya pecah kaca mobil yang ditinggal pemiliknya.

Operandi kejahatan itu ketika pemiliknya lengang karena melaksanakan shalat di masjid yang ada di tepi jalan maupun ditinggal menuju ke bank.

Sebab, belum lama ini mobil seorang camat harus kehilangan uang dan barang berharga lainnya setelah korban shalat di masjid dan kaca mobil miliknya dipecahkan oleh penjahat.

Selain itu juga kejahatan yang menonjol lainnya yakni pencurian ternak kerbau dan sapi.

Maraknya kejahatan itu setelah petugas membekuk beberapa pelaku  pencurian kerbau dan kambing.

"Kami akan bertindak tegas terhadap pelaku kejahatan yang merugikan masyarakat," katanya.

Menyinggung perintah Kapolri untuk membersihkan premanisme, seperti copet,penjambret, hipnotis, judi, begal dan tukang palak, pihaknya terus mengoptimalkan patroli juga melakukan pemeriksaan kendaraan roda empat.

Disamping itu juga mendirikan posko pengamanan dan posko wisata karena selama arus mudik dan arus balik dipastikan kegiatan masyarakat meningkat.

"Kami minta masyarakat berperan aktif guna membantu petugas kepolisian," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017