PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten pastikan pasokan kelistrikan di wilayah Provinsi Banten aman dan dalam kondisi andal sehingga masyarakat dapat dengan tenang dan lancar merayakan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis dalam keterangan resminya di Tangerang, Minggu menyampaikan bahwa periode siaga Natal 2023 dan tahun baru 2024 adalah 15 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa guna menunjang siaga, pihaknya menyiapkan posko di beberapa titik yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Banten.

Baca juga: Tips aman ala PLN saat rumah ditinggal liburan akhir tahun

1. Posko siaga sejumlah 60 posko;
2. Personil siaga sebanyak 1.368 personil terdiri dari pegawai, petugas pelayanan teknik, hingga regu Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB);
3. Alat transportasi sejumlah 197 unit terdiri dari mobil dan motor bagi petugas siaga;
4. Mobil "crane" sebanyak 5 unit;
5. "Uninterrutible Power Supply" (UPS) sebanyak 6 unit;
6. Unit Gardu Bergerak (UGB) sebanyak 34 unit;
7. Unit Trafo Bergerak (UTB) sebanyak 6 unit;
8. "Genset" sejumlah 6 unit;
9. Unit Deteksi sebanyak 4 unit, dan lainya.

"Selama periode siaga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kegiatan pemeliharaan ditiadakan sehingga dipastikan tidak ada padam. Kami juga telah melakukan apel siaga guna memastikan seluruh peralatan kerja, peralatan pendukung, hingga kesiapan personil dalam kondisi paripurna," ujar Abdul Mukhlis.

Di sisi lain Abdul Mukhlis juga menambahkan bahwa PLN UID Banten juga telah menyiapkan "charging station" berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebanyak 29 unit yang tersebar di 19 lokasi wilayah Provinsi Banten. Hal ini menurutnya guna meningkatkan kenyamanan pengguna kendaraan listrik ketika berpergian saat berlibur.

"Sekali lagi, kami pastikan pasokan kelistrikan di Provinsi Banten aman dan dalam kondisi andal selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Masyarakat dapat menggunakan aplikasi PLN Mobile jika ada permasalahan kelistrikan di rumah. Petugas PLN akan dengan sigap dan cepat menyelesaikan permasalahan kelistrikan pelanggan," pungkas Abdul Mukhlis.

Baca juga: PLN Banten imbau masyarakat jaga jarak saat aktivitas dekat jaringan listrik
Baca juga: Gagal isi token listrik, PLN Banten beberkan solusinya

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023