Samsung Electronics Indonesia menggelar kembali Samsung Innovation Campus (SIC) batch 5 dengan memperluas sasaran peserta ke kelompok mahasiswa dan menyiapkan pelatihan terkait dengan Artificial Intelligence (AI).

Ennita Pramono Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia di Tangerang, Jumat mengatakan SIC batch 5 dimulai pada bulan Desember 2023 hingga Juli 2024. Program ini akan meliputi beberapa tahapan seperti pelatihan guru, pelatihan Coding and Programming, IoT Bootcamp, dan pelatihan AI. 

Pelatihan Coding dan Programming akan berlangsung total 140 jam, IoT Bootcamp total 100 jam pelatihan dan AI Course dengan total 100 jam.

Baca juga: Sinar Mas Land gandeng Samsung kembangkan smart city di BSD Tangerang

Dari total registrasi yang lolos proses logic test SIC Batch 5 ada 2.000 peserta dan akan diseleksi menjadi 1.000 orang untuk dapat mengikuti pelatihan AI & IoT Bootcamp dengan fokus pada AI Product Development and Innovation yang dilanjutkan dengan IoT Fundamentals, Data Gathering, & Development, serta Data Science and AI. 

Pada tahap akhir program, peserta akan mengikuti Capstone Project di mana para peserta yang terdiri dari empat anggota dalam satu tim akan membangun sistem AI-Driven IoT System sebagai Final Project. 

Dari total 1.000 peserta yang terdiri dari 500 SMA dan setara dan 500 universitas akan diseleksi lagi menjadi 40 tim melaju ke babak semifinal dan di Final ada 15 tim yang berlaga.

Sejak diselenggarakan mulai 2019, SIC telah diikuti oleh 5.919 siswa dan 642 guru dari 341 SMK dan MA di seluruh Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat mencetak lebih banyak talenta digital yang unggul dan dibutuhkan bangsa untuk mendorong transformasi dan ekonomi digital Indonesia.

Baca juga: Samsung sematkan fitur multitasking di Galaxy Z

Para peserta akan diperlengkapi dengan keahlian teknologi terkini, seperti Coding & programming, Internet of Things, dan yang paling baru, dibekali juga dengan keahlian kecerdasan buatan (AI). 

Setelah pelatihan-pelatihan yang diberikan, para peserta SIC Batch 5 di arahkan untuk merancang inovasi dan menyiapkan prototipe produk teknologi mereka untuk untuk memecahkan berbagai masalah yang terkait dengan ketiga topik tersebut.

“Samsung Innovation Campus memperluas target peserta kepada mahasiswa dari berbagai jurusan dan menambahkan pembelajaran Artificial Intelligence dengan harapan bahwa program ini dapat berkontribusi dalam menyumbangkan talenta-talenta digital baru yang sesuai dengan kebutuhan industri dan juga menciptakan inovasi-inovasi untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang ada,” ujarnya.

Baca juga: Pemilu 2024, Menkominfo ingatkan bahaya penyalahgunaan AI

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023