Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lebak, Banten menyatakan daerah tersebut ingin menjadi sebagai daerah toleransi dan kerukunan antaragama sehingga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan.
 
"Kami bersama Kementerian Agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berkolaborasi membangun kampung moderasi toleransi dan kerukunan antaragama," kata Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lebak H Sukanta di Lebak, Rabu.
 
Untuk menjadikan daerah toleransi dan kerukunan antaragama, lanjut dia, adalah dengan memupuk berdirinya kampung moderasi toleransi dan kerukunan antaragama di Kecamatan Rangkasbitung, Maja dan Leuwidamar.

Baca juga: Kemenag Lebak Banten luncurkan kampung moderasi beragama perkuat persatuan
 
Masyarakat yang tinggal di kampung moderasi toleransi dan kerukunan itu memiliki keyakinan berbeda antara lain Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu dan terakhir Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi warga adat Badui.
 
Kampung moderasi toleransi dan kerukunan antaragama yang diluncurkan awal 2023 hingga kini berjalan dengan baik, bahkan masyarakat di daerah itu kehidupan mereka benar-benar lebih toleransi dan kerukunan antaragama terwujud dengan baik.
 
Kehidupan masyarakat di kampung moderasi itu membaur seperti saudara sendiri tanpa perbedaan agama, budaya maupun ekonomi sosial.
 
Mereka menjalin silaturahmi juga sikap saling bantu membantu dan tolong menolong.
 
"Kami mengapresiasi kampung moderasi toleransi dan kerukunan antaragama sebagai pilot project dinilai luar biasa untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," kata Sukanta.

Baca juga: Leuwidamar sebagai kampung moderasi beragama wujudkan persatuan
 
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lebak H Badrussalam mengatakan pihaknya hingga kini terus berkoordinasi dengan pihak - pihak terkait, seperti pemerintah daerah, TNI, Polisi, Kejaksaan, FKUB, dan organisasi antargereja dan berbagai elemen masyarakat guna membangun kampung moderasi toleransi dan kerukunan antaragama.
 
"Kami merasa bangga kampung moderasi toleransi dan kerukunan antaragama itu terwujud kehidupan yang sejahtera dan lebih kuat menjalin silaturahmi dan persatuan," katanya menjelaskan.
 
Ketua pelaksana harian Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lebak KH Ahmad Hudori mengatakan selama ini kampung moderasi dan kerukunan antaragama berjalan baik, kondusif, damai dan kehidupan di masyarakat bersikap toleransi, saling menghormati, menghargai sehingga penuh kedamaian.
 
"Kami berharap kampung moderasi dan kerukunan beragama dapat memperkuat persatuan dan kesatuan guna membangun bangsa yang sejahtera," katanya.
 
Sementara itu, Pendeta Gereja Bethel Indonesia (GBI) Rangkasbitung Kabupaten Lebak Gideon Krisna Wijaya menyatakan selama ini hubungan antaragama di daerah ini relatif kondusif, damai, dan aman juga belum terjadi gesekan sosial maupun konflik di masyarakat.
 
Selama ini, kehidupan di kampung moderasi dan kerukunan antaragama saling berdampingan dan saling tolong menolong dan membantu.
 
"Kami terus menjalin hubungan antaragama dengan baik sebagai ajaran Tuhan yang harus saling mencintai dan menyebar kasih sayang," kata pendeta.

Baca juga: Kampung moderasi beragama ciptakan kebersamaan masyarakat
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023