Pandeglang (Antara News) - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Ferry Hasanuddin menyatakan peran Palang Merah Indonesia (PMI) dalam penanggulangan dan pertolongan korban  bencana sangat strategis.

"PMI sebagai lembaga sosial memiliki peran sangat strategis dalam kesiapsiagaan memberikan bantuan dan penanggulangan bencana," katanya saat Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI yang ke XII, guna memilih pengurus PMI Pandeglang periode 2016-2022 di Pandeglang, Senin.

Pandeglang merupakan daerah yang rawan bencana, baik banjir maupun bencana alam lainnya, dan setiap musibah terjadi, PMI selalu hadir memberikan pertolongan kepada para korban bencana.

"Dengan hadirnya PMI dan selalu bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sangat membantu pemerintah daerah dalam memaksimalkan penanggulangan bencana dan pertolongan pada para korban," ujarnya.

Peranan PMI tidak kalah pentingnya dalam mengantisipasi terkait hal rawan bencana. Bahkan keberadaan PMI telah menjadi kontributor penghormatan terhadap jiwa dan kehidupan kemanusiaan, sejak kemerdekaan hingga saat ini.

"Kepengurusan PMI saat ini sudah sangat bagus sekali.  Mudah-mudahan kepengurusan yang akan datang, tetap dipertahankan dan lebih baik lagi," ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Pandeglang Tita Rusdinar mengatakan dalam melaksanakan tugasnya PMI berlandaskan pada tujuh prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yaitu kemanusiaan, kesukarelaan, kenetralan, kesamaan, kemandirian, kesatuan dan kesemestaan.   

Menurut dia, PMI juga menyadari pentingnya keterlibatan masyarakat dalam melakukan pengurangan risiko bencana untuk mengurangi akibat kerentanan terhadap bencana.

"Salah satu pendorong utama dari meningkatnya risiko bencana adalah kejadian cuaca yang ekstrem, pengetahuan warga terhadap kondisi cuaca sangat diperlukan dan bisa mengurangi dampak dari musibah ini," ujarnya.

Untuk itu terus dilakukan pembinaan, khususnya di sekolah dengan adanya Palang Merah Remaja (PMR), dan melaksanakan pendidikan dan latihan dasar Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang. 

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017