Tangerang (Antara News) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mengundang para bakal calon kepala daerah yang daftar ke Partai Demokrat untuk menghadapi Pilkada serentak 2018 pada empat daerah di Banten.

Para bakal calon kepala daerah yang daftar ke Demokrat tersebut bersama ribuan kader hadir dalam silaturahmi dan buka puasa bersama Ketua DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono bersama jajaran pengurus DPP dan DPD serta DPC Partai Demokrat di Kota Tangerang, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut Presiden RI ke enam memberikan arahan kepada ribuan kader dan simpatisan serta bakal calon kepala daerah pada empat kabupaten/kota di Banten.

Hadir juga Gubernur Banten Wahidin Halim, Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta serta sejumlah kepala daerah.

Dalam amanatnya Susilo Bambang Yudhoyono meminta para kader Demokrat agar menjadi pemimpin yang sesuai dengan sifat-sifat kepemimpinan nabi Muhamad SAW yakni sidiq, amanah, tablig dan fathonah.

"Pemimpin itu harus sidiq, amanah tablig dan fathanah sesuai dengan sifat kepemimpinan yang ada pada diri Rasululah Muhammad SAW," kata Susilo Bambang 

Ia mengatakan seorang pemimpin harus sidiq yakni benar atau jujur dalam perkatan dan perbuatan, sebagaimana dijalankan oleh Rasulullah.

Kemudian, kata dia pemimpin harus amanah yakni dapat dipercaya saat diberikan mandat atau kepercayaan dari rakyat.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Mediawarman mengatakan dalam silaturahmi dan buka puasa bersama kader Partai Demokrat tersebut, semua bakal calon kepala daerah yang mendaftar di Partai Demokrat diundang untuk mendapatkan pembinaan dan arahan dari Ketua Umum DPP partai Demokrat.

"Semua bakal calon yang mendaftar ke Demokrat kami undang. Termasuk Sekda Banten Ranta Soeharta diundang atas nama Sekda Banten dan kebetulan juga beliau mengambil formulir di Demokrat," kata Mediawarman.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP Demokrat, Cornel Simbolon, didampingi Ketua Fraksi DPRD Banten yang juga Ketua Dewan Pengawas Daerah DPD Banten Nawa Said menegaskan pesan yang disampaikan oleh SBY harus ditangkap oleh seluruh kader yang telah menjadi pemimpin di daerah.

"Sekarang kader Demokrat menjadi kepala daerah, salah satu contohnya Pak Wahidin Halim menjabat sebagai Gubernur Banten," katanya.

Menurutnya dalam kontek empat pilkada kabupaten/kota tahun 2018 mendatang di Banten, harus memperhatikan dan menerapkan apa yang disampaikan oleh SBY.

"Pesan dan sambutan dari Bapak Ketua Umum kami, harus ditangkap oleh para calon kepala daerah di Lebak, Kota Serang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. Pesan yang disampaikan oleh beliau adalah, melihat kondisi saat ini dimana banyak pejabat dan wakil rakyat yang tersandung hukum," kata Cornel.

Hal senada dikatakan Ketua Fraksi Partai Demokrat Banten Nawa Said bahwa silaturahmi tersebut sebagai momen untuk mengenalkan diri bagi bakal calon kepala daerah kepada seluruh kader Demokrat.

Nawa Said berharap arahan yang disampaikan Ketua DPP Demokrat bisa diimplementasikan oleh calon kepala daerah dari Demokrat jika nanti terpilih menjadi kepala daerah di Banten.

"Amanat yang disampaikan Pak SBY harus dipatuhi oleh semua kader dan juga calon kepala daerah," kata Nawa Said menegaskan.

Hadir dalam sulaturahmi tersebut Gubernur Banten Wahidin Halim, Sekda Banten Ranta Soeharta, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Bupati Lebak, Iti Octavia, Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin, mantan Sekda Kabupaten Serang Lalu Antarsalam, dan Wakil Walikota Serang, Sulchi Choir serta ribuan kader Demokrat di Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017