Merak (Antara News) - Terminal Terpadu Merak (TTM) menggelar pemeriksaan ramp chek kendaraan menjelang arus mudik dan arus balik Lebaran 2017.

"Pemeriksaan ramp check itu guna memberikan pelayanan masyarakat yang menggunakan angkutan umum selamat sampai tujuan sehingga bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman," kata Kepala TTM Rizky Gustaf di Merak, Serang, Banten, Kamis.

Pemeriksaan ramp check armada bus itu untuk mengetahui kelayakan angkutan lebaran karena merupakan bentuk pengawasan dan pelayanan terhadap masyarakat.

Saat ini, pihaknya melakukan pemeriksaan 28 bus dan delapan diantaranya sudah dipasang stiker karena laik beroperasi melayani angkutan Lebaran.

Pemeriksaan angkutan umum itu antara lain rem, lampu sen, lampu besar, lampu dekat, lampu mundur dan wiper.

Selain itu juga pihaknya menemukan angkutan umum tidak memiliki ban cadangan, lampu mundur, rem dan wiper yang tidak berfungsi juga penyimpangan trayek.

Petugas terus akan melakukan pemeriksaan armada bus agar benar-benar kondisi angkutan laik beroperasi.

"Biasanya, pemeriksaan ramp check dilakukan setiap hari, namun jika diperiksa secara besar-besaran tentu harus orang yang memiliki sertifikat penguji," katanya.

Menurut dia, pemeriksaan ramp check itu untuk memastikan kendaraan yang akan dipakai pemudik sudah sesuai standar keselamatan baik itu fisik kendaraan maupun kelengkapan surat-surat kendaraan, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), termasuk trayek.

Untuk pengamanan lainnya, pihaknya melibatkan BNNP melakukan  pemeriksaan tes urin kepada semua sopir angkutan.

"Kami melaksanakan pemeriksaan ramp check dan tes urine agar dapat menjamin keselamatan masyarakat selama arus mudik lebaran 2017," katanya. 

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017