Serang (Antara News) - Pemerintah Provinsi Banten menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah  memastikan kesiapan pelayanan arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H/2017.

Rapat kordinasi yang digelar di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Kamis, dipimpin Gubernur Banten Wahidin Halim,  dihadiri Wakil Gubernur Andika Hazrumy, Sekda Banten Ranta Soeharta, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Wakapolda Banten Kombes Ana Suhanan, Unsur Forkompida Banten, sejumlah kepala daerah, Kepala OPD dilingkungan Pemprov Banten dan instansi terkait.

Agenda utama pada rakor tersebut membahas berbagai persiapan segala sektor yang ada di Provinsi Banten, mulai dari persiapan ketersediaan dan kebutuhan bahan makanan pokok (sembako) menjelang idul fitri, persiapan jalan jalur mudik, ketersediaan dan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM), pencegahan tindak kriminal atau keamanan masyarakat, persiapan ketersediaan dan kesiapan transportasi darat, laut, dan udara.

Dalam rakor tersebut Gubernur Banten mendengarkan laporan kesiapan dan berbagai masukan dari bupati/walikota serta instansi lainnya dalam menghadapi arus mudk. Gubernur juga meminta kepada semua pihak para pemangku kepentingan agar dapat mengoptimalkan kesiapannya dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri serta bisa melayani masyarakat dengan baik
"Ini merupakan tanggung jawab kita semua dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kesiapannya juga melibatkan pusat dan daerah," kata Wahidin Halim.

Gubernur juga menjelaskan, terkait jalur mudik yang masih rusak yang masuk kewenangan provinsi akan segera diperbaiki.

"Saya juga sudah melaporkan ke Pak Presiden terkait jalan nasional yang masih rusak untuk segera diperbaiki, karena di Banten masih ada jalan yang rusak," katanya.

Wahidin juga meminta bantuan bupati/walikota, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di daerahnya masing-masing. Menurutnya, ini menjadi bagian dari konsep pemerintahan dimana negara hadir di tengah-tengah masyarakat, salah satunya melalui pelayanan masyarakat.

Sementara itu Wakapolda Banten Kombes Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat kordinasi tahap awal di Mapolda Banten dengan pihak terkait seperti Pemda, ASDP Merak, PT Marga Mandala Sakti selaku pengelola jalan tol Tangerang Merak serta Dinas terkait.

Rapat tersebut membahas persiapan pelayanan arus mudik di Banten terutama yang menjadi perhatian khusus di Pelabuhan Merak. Pihaknya juga mengaku akan mengantisipasi kerawanan-kerawanan saat arus mudik dan idul fitri nanti.

"Selain kasus kecelakaan lalu lintas, kasus lainnya yang menonjol yaitu masih maraknya pencurian malam hari, pencurian rumah kosong, pembiusan atau hipnotis. Ini harus kita antisipasi bersama," kata Aan.

Menurut Aan, dengan kekuatan yang diturunkan yakni dua pertiga personel yang ada di Polda Banten, siap mengamankan arus mudik dan idul fitri 1348 Hijriyah. Bahkan jika dibutuhkan dalam kondisi tertentu, semua kekuatan personel Polda Banten dan juga jajaran TNI serta petugas gabungan dari dinas terkait, siap untuk membantu mengamankan arus mudik dan idul fitri 1438 H.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017