Tangerang (Antara News) - Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengajarkan kepada para relawan pesisir membuat kuliner dengan bahan dasar ikan sehingga digemari warga dan menghasilkan.

"Mereka belajar membuat pempek dan otak-otak karena kedua kuliner itu dari ikan," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Kelembagaan Perikanan DPK Pemkab Tangerang Hairul Latif fi Tangerang, Kamis.

Hairul mengatakan para relawan itu juga diharuskan dapat meningkatkan gizi bagi anak-anak di kawasan pesisir.

Dia mengatakan bila mengajak anak-anak membiasakan makan ikan dianggap kurang efektif dan membosankan, tapi menyuruh mereka dengan mengkonsumsi kuliner bahan dasar ikan merupakan ajakan yang menyenangkan.

Bahkan para relawan juga diajarkan mengolah ikan menjadi bahan konsumsi penuh gizi dan dapat memenuhi kebutuhan anak-anak dan orang tua.

Pada hakekatnya, para relawan juga setelah rampung bertugas dapat menjadi wirausaha sehingga mandiri serta menambah pendapatan.

Masalah tersebut terkait (DPK) Pemkab Tangerang memberikan pembekalan kepada sejumlah sukarelawan untuk mengajar di bangku SD di kawasan pesisir.

Tujuan sukarelawan mengajar itu adalah agar warga dapat memahami tentang peran penting pelestarian lingkungan di kawasan pesisir dan gemar makan ikan.

Sementara itu, Kepala DPK Pemkab Tangerang, Herry Wibowo mengatakan para sukarelawan itu diberikan bekal berbagai bidang untuk menghadapi murid dan warga setempat.

Para sukarelawan itu mendapatkan materi, diantaranya membangun karakter lewat lagu, kemampuan mengunakan media sosial, manfaat penanaman pohon bakau (mangrove), dan pelestarian lingkungan.

Mereka juga dibekali dengan pengetahuan tentang pesisir dan ekosistem laut sehingga dapat dijelaskan kepada anak didik dan para nelayan maupun petani tambak.

"Para sukarelawan tersebut nantinya akan mengajar pada 60 SD yang tersebar pada sejumlah desa dan kecamatan di pantai utara," katanya.

Pemahaman tentang pelestarian lingkungan sangat penting karena saat ini kawasan pesisir telah diterjang ombak perairan Laut Jawa dan setiap tahun luas daratan berubah menjadi pantai.

Sedangkan kampanye gemar mengkonsumsi ikan juga penting karena memiliki kandungan gizi lebih baik untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) warga pesisir.

Pewarta: Adityawarman

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017