Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Banten dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat sehingga masyarakat di daerah itu diimbau meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi risiko kebencanaan.
 
"Peluang cuaca buruk itu terjadi siang hingga sore hari," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang, dalam keterangan di Lebak, Minggu.
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan curah hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang serta sambaran petir/kilat di wilayah Provinsi Banten sepanjang hari ini, antara lain di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kota Serang.
 
Sedangkan Kota Cilegon dan Kota Tangerang relatif aman dari terjangan cuaca buruk tersebut.

Baca juga: Hujan lebat disertai petir diperkirakan terjadi di sejumlah kota besar
 
Namun pada pagi hari wilayah Banten cerah berawan dengan suhu 23-33 derajat Celsius dengan kelembapan 60 - 95 persen dan angin bergerak dari arah tenggara hingga barat laut dengan kecepatan 5-30 km/jam.
 
Pada malam dan dini hari sebagian besar wilayah Banten cuaca berawan hingga hujan ringan.
 
"Kami minta warga tetap waspada menghadapi hujan intensitas sedang dan lebat disertai petir juga angin kencang," katanya.
 
Sementara itu BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan di perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia, dengan ketinggian gelombang sedang berkisar antara 1,25 sampai 2,50 meter.
 
Baca juga: Basarnas Banten sisir warga tersambar petir yang hilang di Pulau Papole

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023