Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Provinsi Banten memberikan bantuan alat musik tradisional kepada  20 perguruan silat atau paguron di wilayah setempat, Jumat.
 
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, di Serang, mengatakan, pihaknya terus memberikan perhatian terhadap kemajuan budaya atau kesenian silat di Kabupaten Serang.
 
Tidak hanya menggagas Jurus Silat Kaserangan, Tatu juga menurunkan program bantuan gendang atau alat musik tradisional yang dipakai untuk mengiringi gerakan silat.

Baca juga: Pemkab Serang-PHRI kerja sama majukan desa wisata
 
Menurutnya, silat bukan sekadar budaya di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Serang. Namun juga menjadi sarana untuk memperkuat karakter generasi muda.
 
“Pencak silat merupakan budaya asli yang mampu menumbuhkan karakter bangsa yang kuat dan tangguh. Watak tersebut dibutuhkan Bangsa Indonesia, terutama pada era modern saat ini, untuk menghalau berbagai terpaan negatif yang muncul dalam berbagai segi kehidupan. Apalagi Banten terkenal dengan para pendekar silat atau jawara,” ujarnya.
 
Tatu menambahkan, sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada paguron yang telah berkontribusi dalam pelestarian kesenian tradisional pencak silat, Pemkab Serang memberikan bantuan 20 alat kesenian gendang patingtung. Bantuan diberikan kepada 20 paguron silat di Kabupaten Serang.
 
“Pada tahun 2021, Pemkab Serang telah memberikan 30 alat kesenian kepada paguron. Jadi total bantuan alat kesenian yang telah diberikan sebanyak 50 alat kesenian," katanya.

Tatu berharap, bantuan ini bisa memberi semangat, berkarya, dan terus melestarikan kesenian tradisional, terutama pencak silat.

Baca juga: 940 KPM di Kabupaten Serang terima bantuan usaha
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menambahkan, bantuan alat musik gendang ini sebagai pendukung kegiatan silat.
 
“Masing-masing paguron menerima satu set gendang. Bantuan ini merupakan bentuk perhatian, dan juga memang Ibu Bupati pernah melakukan peninjauan ke paguron,” ujarnya.
 
Menurutnya, saat ini banyak paguron yang perlu dibantu, terutama dalam memperbaharui alat musik gendang. Sejauh ini, baru 50 paguron yang dibantu dari total 373 paguron di Kabupaten Serang.
 
“Masih banyak anggaran yang harus disiapkan. Nanti bisa didorong dana sosial perusahaan untuk memberikan juga bantuan serupa,” ujarnya.

Baca juga: Nama Pj Wali Kota Serang dicatut untuk penipuan
 
 

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023