Serang (Antara News) - Ratusan mahasiswa atau taruna Bagian Administrasi Pelatihan Perikanan Lapangan Serang ( BAPPL Serang) Sekolah Tinggi Perikanan (STP) bersama warga setempat melakukan bersih-bersih sampah plastik di Pantai Karangantu Kota Serang, Kamis.

Pembersihan sampah plastik tersebut dalam rangkaian World Ocean Day 2017 dengan tema "Our Oceans Our Future" dipimpin Ketua STP Jakarta Mochamad Heri Edy, didampingi Plt Kepala BAPPL-STP Serang Nasirin dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati.

Ketua STP Jakarta Mochamad Heri Edy mengatakan, kegiatan pembersihan sampah plastik di Pantai Karangantu ini untuk membersihkan sampah palstik karena mengganggu lingkungan baik dari pandangan maupun ekosistem. Sebab saat ini sudah terdeteksi ada ikan-ikan di sekitar pantai tersebut dalam ususnya ada plastik.

"Jangan sapai suatu saat nanti, anak cucu kita makan ikan rasa plastik. Oleh karena itu kami mengajak kepada siapapun dan dimanapun untuk membersihkan sampah plastik dan mengurangi penggunaan kemasan plastik dan bungkus dari bahan plastik," kata Heri Edy.

Menurut dia, banyaknya sampah plastik akan merusak lingkungan, mengingat plastik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk didegradasi atau butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa dihancurkan.

"Makanya upaya yang bisa kita lakukan yakni memanfaatkan limbah sampah (reuse), mengurangi (reduce)  dan daur ulang (recycle)," katanya.

Ia mengatakan, pembersihan sampah plastik di pantai-pantai tersebut dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia di Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Badan Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Ini momentum yang tepat untuk mengingatkan masyarakat agar membersihkan sampah plastik dan mengurangi penggunaannya," kata Mochamad Heri Edy.

Sementara itu Plt Kepala BAPPL STP Serang Nasirin mengatakan, jumlah mahasiswa dan warga yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 260 orang. Warga dan mahasiswa melakukan pembersihan sampah plastik tersebut dilakukan secara rutin tidak hanya pada momen-momen tertentu saja.

"Kita lakukan secara rutin, tujuannya untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat agar menjaga kebersihan pantai terutama dari sampah plastik," kata Nasirin.

Sebelum melakukan pembersihan sampah plastik,kata dia, tim dari STP Karangantu Serang juga sudah melakukan penyelaman di sekitar Pulau Panjang untuk melakukan pembersihan karang dari sampah-sampah plastik.

"Rangkaian kegiatan ini kami tutup dengan kegiatan buka pusasa bersama dengan warga sekitar," kata Nasirin.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, pihaknya mendukung upaya yang dilakukan BAPPL-STP Serang dalam melakukan pembersihan pantai. Upaya tersebut sebagai bagian dari membangun masyarakat yang sadar wisata yakni menjaga lingkungan pantai sekitar Karangantu yang merupakan salah satu destinasi wisata Banten.

"Ke depan kami ingin BAPPL-STP Serang ini menjadi destinasi wisata edukasi bahari di Banten," kata Eneng.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017