Tangerang ( Antara News ) - Pemerintah Kota Tangerang akan terus mengembangkan sistem keuangan daerah sebagai perangkat pendukung laporan keuangan yang terintegrasi, transparan dan akuntabel.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Sabtu, menjelaskan, capaian Pemkot Tangerang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kesepuluh kali secara berturut-turut dari BPK, bukan berarti inovasi dan peningkatan sistem akuntabilitas laporan keuangan berhenti.

"Kami akan terus mengembangkan sistem keuangan daerah. Mulai dari Sistem Informasi Pembangunan Daerah, Sistem Informasi, Evaluasi dan Pelaporan Sievlap serta Sistem Akuntansi Akrual (Spektra), sebagai wujud tata kelola keuangan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas serta amanah dari reformasi keuangan negara," ujarnya.

Sekretaris Daerah Dadi Budaeri menambahkan capaian WTP ini bentuk pertanggungjawaban terhadap amanah yang diberikan masyarakat melalui anggaran yang ada dalam APBD.

Adapun upaya yang akan terus ditingkatkan yaitu terkait efektivitas sistem pengendalian internal. "Struktur Inspektorat, para verifikatur di OPD, akan kami perkuat agar semakin rapi dalam pelaporan keuangan daerah," katanya menambahkan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang Suparmi memberikan apresiasinya atas upaya Pemkot Tangerang yang sudah menyajikan LKPD cukup baik sehingga dapat mempertahankan opini WTP. "Mempertahankan cukup sulit dibandingkan memperjuangkannya," katanya.

Setiap upaya Pemkot Tangerang melalui berbagai program pembangunan senantiasa dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Tangerang.

"Sinergi antara DPRD dan Pemkot Tangerang pun akan terus kami bangun untuk masyarakat dan Kota Tangerang semakin maju dan sejahtera," katanya.

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kantor Perwakilan Provinsi Banten kembali memberikan opini Wajar Tanpa (WTP) kepada Pemerintah Kota Tangerang.  

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Banten, Thomas Ipoeng Andjar Wasita mengungkapkan, ada tujuh kabupaten/kota penerima opini WTP yakni Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan,  Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Pandeglang. 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017