Pandeglang, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, menjadikan wilayah Kecamatan Panimbang sebagai sentra pengembangan budi daya bawang merah dan cabai.

"Kita tetapkan Panimbang sebagai sentra pengembangan bawang merah dan cabai karena beberapa kali dicoba ternyata hasilnya sangat bagus," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Senin.

Pemkab Pandeglang, kata dia, akan mendukung pengembangan kedua komoditas itu oleh petani setempat, bahkan mendorong agar tidak ada lahan tidur di wilayah tersebut.

"Warga Panimbang harus bersyukur diberikan sang pencipta mempunyai alam yang subur. Kalau subur petaninya pun harus subur, harus sejahtera, kurangi waktu tidur tidak ada lahan yang kosong atau tidur," ujarnya.

Pemerintah akan terus mendukung dan memperhatikan. Ke depan diharapkan bawang merah dan cabai dari Panimbang bisa menembus pasar luar daerah.

Khusus untuk cabai, kata dia, selain di Panimbang juga dikembangkan di Kecamatan Cikeusik dan Jiput.

Belum lama ini, Bupati Pandeglang menyerahkan bantuan benih cabai yang merupakan  bentuk nyata dari pemkab dalam mewujudkan keinginan menjadikan daerah itu sebagai sentra pengembangan cabai.

Bupati  menargetkan daerah menjadi sentra pengembangan cabai dan dapat memasok kebutuhan untuk berbagai daerah.

"Kita targetkan Pandeglang menjadi sentra pengembangan cabai, dan itu sudah kami sapaikan pada pihak Kementerian Pertanian, dan mendapat respons sedang dukungan," katanya.

Bahkan, kata dia, Kemanterian Pertanian memberikan perhatian khusus pada Kabupaten Pandeglang dan siap mendukung program pengembangan cabai yang dicanangkan pemda setempat.

Pemkab sedang berupaya untuk terus mengembangkan tanaman cabai dengan memanfaatkan lahan tidur yang tidak produktif untuk di  tanami komoditi yang menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat itu.

"Semua masyarakat membutuhkan cabai, bahkan  harganya mencapai Rp160 ribu/kg jenis cabai rawit karena pasokan ke pasaran kurang," katanya.

Kabupaten Pandeglang memiliki peluang untuk menjadi pemasok cabai itu, selain karena memiliki lahan kosong cukup luas, kondisi tanah dan iklimnya juga ideal untuk tanaman itu. 

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017