Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang menyatakan UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (PBTPHP) di Neglasari terbuka untuk umum dengan harapan bisa menjadi ikon wisata.

"UPT PBTPHP Kota Tangerang dibuka untuk umum mulai dari siswa TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Dengan harapan, menjadi salah satu ikon wisata pertanian di Kota Tangerang," kata Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan di UPT PBTPHP para pelajar bisa belajar mengenai ternak ikan hingga menanam dengan melihat dan praktik secara langsung.

Baca juga: Pasca El Nino, Dinas Pertanian Banten siapkan musim tanam serentak

Dinas Ketahanan Pangan pun akan memberikan pendampingan melalui petugas khusus untuk memberikan tambahan wawasan masyarakat maupun pelajar.

"Para siswa bisa melihat, mencermati dan menyentuh langsung aktivitas budidaya tanaman dan ikan. Mulai dari budaya tanaman buah, sayur, hingga tanaman toga. Jika datang di waktu panen, para siswa juga akan melakukan aktivitas panen, penimbangan hingga distribusi untuk warga," katanya.

Ia pun menjelaskan, jadwal kunjungan UPT PBTPHP Kota Tangerang kian hari kian penuh sebab kurikulum merdeka dengan pola pembelajaran yang didominasi dengan praktik. 

"Masyarakat Kota Tangerang atau sekolah-sekolah dapat langsung berkunjung ke UPT PBTPHP Kota Tangerang dengan syarat bersurat lebih dulu ke DKP Kota Tangerang. Ini sebagai proses pemilihan jadwal, agar tidak saling bentrok, dan pelatihnya pun akan disiapkan," pungkas Muhdorun.


Baca juga: Kurangi buang sampah ke TPA, Wali Kota Tangerang ajak warga kelola sampah

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023