Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jisman Hutajulu mengatakan untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060, pemerintah telah menetapkan beberapa program pengembangan energi terbarukan sebagai strategi jangka panjang yang tercantum dalam Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN). 

"Acara Enlit Asia 2023 bersamaan dengan Hari Listrik Nasional ke-78, merupakan wujud dari semangat bersinergi dan dedikasi untuk keberhasilan transformasi sektor ketenagalistrikan mencapai target transisi energi menuju NZE," kata Jisman Hutajulu dalam acara Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 – Enlit Asia 2023 di Indonesia Convention Exhibition, BSD Tangerang, Selasa.

Direktur Utama PT PLN yakni Darmawan Prasodjo mengatakan momentum hari listrik nasional bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjawab tantangan perubahan iklim dengan berbagai cara. 

"Saat ini kita menghadapi tantangan baik dari sisi kebijakan, strategi, inovasi teknologi, hingga risiko investasi. Ini adalah tantangan global yang harus dihadapi bersama dengan demikian kita bisa mengatasi hal itu dengan berkumpul pada acara hari ini," ujarnya.

Baca juga: MKI gelar pameran-konferensi Hari Listrik Nasional di Tangerang November

Ia mengatakan acara Hari Listrik Nasional (HLN) merupakan event yang sangat luar biasa karena bekerjasama dengan masyarakat ketenagalistrikan Indonesia yang menyelenggarakan pameran hingga CEO dialogue untuk saling berbagi peran dalam menghadapi perubahan iklim ini. 

"Kita yang tadinya terfragmentasi menjadi bersatu dan kompak  berkolaborasi dalam hal strategi, teknologi, dan investasi bersama-sama sehingga tantangan yang kita hadapi dalam perubahan iklim ini bisa kita selesaikan satu persatu. Ini adalah salah satu event yang luar biasa dengan antusiasme dari para peserta dan terlihat dari berbagai CEO yang hadir dari seluruh dunia. Kita semua akan berbagi ide dan inovasi untuk bersama-sama mendinginkan bumi," ujarnya.

CEO of Clarion Events Asia Richard Ireland mengatakan, Enlit Asia 2023 tidak hanya sekedar acara energi di tingkat regional. Acara ini merupakan tempat berkumpulnya para pelaku industri energi dan kelistrikan dalam satu wadah dan mencari solusi inovatif bersama dalam rangka mendorong transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission. 

Baca juga: Waspadai penipuan atasnamakan PLN, kenali ciri petugas resmi

Enlit Asia 2023 memberikan kesempatan bagi para ekshibitor dan pengunjung untuk melakukan networking dan membahas isu-isu terbaru terkait energi. 

"Ada lebih dari 200 pembicara yang terlibat dalam rangkaian acara. Setidaknya lebih dari 12.000 pengunjung akan hadir dalam tiga hari pameran Enlit Asia 2023," ujarnya.

Dalam rangkaian acara pembukaan hari ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman oleh PT PLN dan China Southern Power Grid International (HK) Co Limited. PT PLN dan Hitachi Sakti Energy Indonesia. PT PLN dan Electricite De France. PT PLN dan GE Vernova. PT PLN dan Danish Energy Agency serta PT PLN dan Huawei.

Baca juga: PLTS Terapung Cirata mampu kurangi 214 ribu ton emisi karbon per tahun
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023