Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melebarkan sayap demi kemandirian dengan membangun ekonomi kreatif dengan sejumlah usaha.
 
"Kita tiga tahun terakhir ini menggeluti bidang usaha dengan memproduksi aneka makanan camilan, lukisan, kerajinan souvenir dan sablon," kata Franky, salah satu anggota KPJ Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Selasa.

Menurut dia, apa yang dilakukan sebagai bentuk upaya untuk meninggalkan jalanan di mana profesi sebelumnya yang dilakukan. 

Hasil produksi anggota KPJ, lanjut dia, tidak hanya dipasarkan di Rangkasbitung, namun juga sudah dipasok ke sejumlah daerah seperti Serang, Cilegon, Merak, Tangerang dan Jakarta.
 
"Kami mendorong para anggota KPJ Rangkasbitung agar hidup mandiri menggeluti bidang usaha dan tidak lagi hidup di jalanan dengan mengamen," kata Franki menambahkan.

Baca juga: Permintaan gula aren Cimenga Lebak untuk oleh-oleh meningkat
 
Hasil usaha yang digeluti anggota KPJ Rangkasbitung itu, lanjut dia, bisa menggulirkan perputaran uang hingga jutaan rupiah per hari. Bahkan, sebagian hasil rejeki usaha yang digelutinya disisihkan untuk kegiatan sosial termasuk sunat massal.
 
"Kami berharap para anggota KPJ Rangkasbitung tetap kreatif dan inovatif untuk kemandirian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama keluarga," katanya menjelaskan.
 
Samsudin (45) anggota KPJ Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku dirinya kini memasarkan produk makanan camilan keripik pisang dan rampeyek ke kantor-kantor pemerintah juga masuk kampung keluar kampung dengan mengendarai kendaraan roda dua.
 
"Kami bisa menghasilkan pendapatan rata-rata Rp300 ribu per hari," katanya menjelaskan.

Baca juga: Petani di Lebak Banten raup untung dari panen rambutan
 
Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak Imam Suangsa mengatakan pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan KPJ Rangkasbitung menggeluti bidang ekonomi kreatif dengan memproduksi aneka makanan camilan dan kerajinan.
 
Pemerintah daerah bekerja keras agar pelaku ekonomi kreatif di masyarakat tumbuh dan berkembang sehingga bisa menghapus kemiskinan ekstrem pada 2024.
 
"Kami mendorong anggota KPJ Rangkasbitung dapat berkiprah dengan aneka usaha untuk membangun ekonomi keluarga yang sejahtera," katanya menjelaskan.

Baca juga: Pemkab Lebak tekankan 8 dimensi fungsi keluarga untuk tekan perceraian

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023