Pandeglang, (Antara News) - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten Ferry Hasanuddin menyatakan pelayanan yang diberikan aparatur menjadi penilaian masyarakat terhadap pemerintah daerah.

"Pelayanan publik merupakan tugas utama sebagai aparatur Pemerintah, penyelenggaraan pelayanan publik menjadi perhatian dan penilaian dari masyarakat," katanya pada acara bimbingan teknis standar operasional prosedur administrasi pemerintahan (SOP-AP) di Pandeglang, Kamis.

Untuk itu, kata dia, pelayanan terhadap masyarakat harus dilaksanakan secara baik, berkualitas, terarah dan terus meningkat sehingga publik merasa puas dengan kinerja pemerintah.

"Kita sebagai aparatur Pemerintah dalam tugas melayani masyarakat harus fokus dan terarah, untuk itu saya meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujarnya.

Menurut dia, ketika pelayanan kurang maksimal, makan akan menumbuhkan rasa kekurangpercayaan dari masyarakat terhadap aparatur dan pemerintah.

Kepala Bagian Organisasi Ahmad Taufik Yusup mengatakan penyusunan SOP jika dilakukan dengan tepat akan mendukung peningkatan nilai capaian reformasi birokrasi yang baik, bertanggungjawab serta memiliki kemampuan memberikan pelayanan yang prima dalam sistem manajemen pemerintahan.

"Itu semuanya tentunya yang diharapkan oleh pemerintah pada semua Aparatur Sipil Negara (ASN). Masyarakat juga mendambakan pelayanan yang maksimal dari aparatur," ujarnya.

Taufik menjelaskan bahwa diselenggarakanya bimtek ini untuk mewujudkan birokrasi yang memiliki kriteria efektif, efisien dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan.

Sehingga, kata dia,  akan lebih mencerminkan birokrasi yang mampu menjalankan fungsi pemerintahan sesuai dengan uraian tugas yang dimiliki oleh masing-masing OPD.

"Tindak lanjut kegiatan ini diharuskan kepada seluruh OPD untuk menyampaikan laporan penyusunan dan penerapan SOP sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari masing-masing OPD," ujarnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017