Tangerang, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengelar persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2018 kepada pantia setempat menyangkut teknis pelaksaan dan pihak lain terkait pengawasan.

"Panitia harus dapat memahami teknologi karena mengunakan komputer dan tertera 'barcode' pada kartu pemilih," kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pemkab Tangerang Aziz Gunawan di Tangerang, Kamis.

Aziz mengatakan saat ini masih banyak panitia yang belum memahami aturan pelaksaan dan teknologi yang diterapkan dalam Pilkades, untuk itu perlu pembahasan mendalam.

Pernyataan itu sehubungan Pemkab Tangerang mengucurkan dana Pilkades yang berasal dari APBD setempat berdasarkan jumlah pemilih tetap (DPT).

Sekretris Daerah Pemkab Tangerang, Iskandar Mirsyad mengatakan jumlah terbesar di Desa Cikasungka, Kecamatan Solear dan terkecil di Desa Pasir Barat, Kecamatan Jambe," katanya.

Laporan aparat DPMPD Pemkab Tangerang bahwa panitia Pilkades di Desa Cikasungka menerima sebesar Rp271,335 juta.

Hal tersebut karena jumlah DPT berdasarkan perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang di Cikasungka sebanyak 14.887 jiwa.

Namun untuk di Desa Pasir Barat, bahwa panitia menerima sebesar Rp129,479 juta dengan jumlah DPT sebanyak 2.180 jiwa.

Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang tahun 2018 diikuti oleh 16 desa yang tersebar pada 13 kecamatan.

Sedangkan tahapan Pilkades saat ini telah membentuk panitia dan melakukan sosialisasi ke tingkat desa agar peran serta pemilih meningkat.

Tahapan Pilkades dimulai awal April 2017 hingga Juni 2018, dan pelaksaan dilakukan September 2018 sebelum Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tangerang periode 2018-2023.

Aziz menambahkan pihaknya memberikan bimbingan teknis kepada panitia dan harus melakukan koordinasi dengan camat setempat sebagai ketua kelompok kerja (Pokja).

Bahkan panitia harus selalu berkoordinasi dengan petugas Polsek dan Koramil setempat terkait pengamanan Pilkades mulai tahapan awal, kampanye calon hingga pascapencoblosan.

Dia menambahkan awal Juni 2017, panitia sudah dapat menerima honor karena telah menjalani tahapan awal Pilkades.

Pewarta: Adityawarman

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017