Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, menyebutkan hingga saat ini pihaknya belum menemukan ada warga di daerah itu yang terjangkit cacar monyet (Monkey Pox).

"Masih di wilayah DKI Jakarta. Di kita belum ada. Kami juga udah membuat surat edaran ke faskes (fasilitas kesehatan) tentang kewaspadaan terhadap cacar monyet di Kabupaten Tangerang," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang dr Sumihar Sihaloho di Tangerang, Selasa.

Hal itu dikemukakan terkait dengan adanya penemuan penyakit cacar monyet di DKI Jakarta yang diidap oleh orang dengan HIV (ODHIV) dan memiliki orientasi biseksual dam telah membuat pemerintah setempat bersiaga dalam mengantisipasinya.

Akan tetapi, lanjutnya, hingga saat ini pihaknya pun dapat memastikan belum menemukan adanya kasus tersebut di Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Empat upaya yang dilakukan Kemenkes untuk tanggulangi cacar monyet

Dalam upaya pencegahan dan penyebaran virus cacar monyet ini, menurutnya, bukan hanya menjadi tanggung jawab dari pemerintah saja. Namun, kata dia, peran aktif masyarakat sangat penting dalam pencegahan kasus tersebut.

Untuk itu, pihaknya pun telah menginstruksikan kepada seluruh pelayanan di puskesmas, rumah sakit, serta laboratorium, untuk melakukan edukasi kepada masyarakat terkait bagaimana bahayanya penyebaran virus cacar monyet serta pencegahannya.

"Yang utama dalam pencegahan penyakit cacar monyet ini tidak lain adalah dengan tetap menjaga pola hidup sehat," tutur Sumihar.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Tangerang agar dapat menjaga kebersihan lingkungan setempat, karena dengan begitu penyebaran dari berbagai penyakit yang ada bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin.

Baca juga: Dinkes Lebak cegah kasus cacar monyet lewat protokol kesehatan

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023