Alumni Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) angkatan IV Kemenpora RI Banten melakukan audiensi dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Banten, Senin.

Sekretaris Umum alumni PKPMN Angkatan IV Endang Kurnia di Serang, Banten, Senin mengatakan, pentingnya daerah untuk melaksanakan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Daerah (PKPMD) untuk membina dan menyaring pemuda berprestasi dan pemimpin terbaik daerah yang nantinya akan mengikuti PKPMN.
 
"Kami berharap daerah dapat melaksanakan PKPMD sebagai bentuk pembinaan pemimpin muda daerah dan ajang seleksi bagi mereka yang nantinya akan mengikuti PKPMN sehingga ada peran dari Dispora dalam peningkatan kualitas pemimpin muda," katanya.

Baca juga: Dua pemuda wakili Kabupaten Tangerang di PKPMN Kemenpora RI
 
Ia juga mengusulkan adanya kolaborasi strategis antara alumni PKPMN dengan Dispora sebagai upaya dalam meningkatkan IPP.
 
"Pemuda sebagai entitas pembangunan bangsa harapannya tidak hanya dijadikan objek tetapi sebagai subjek, maka kami berharap pemuda dapat dilibatkan dalam upaya peningkatan IPP terkhusus di Banten," katanya.
 
Menurutnya, jika Dispora hanya berjalan sendirian tentu tidak akan cukup, maka dari itu berharap dengan adanya kolaborasi konkret antara pemuda dengan Dispora ke depannya.
 
Selain itu, kata Endang, proyek perubahan yang akan dilaksanakan oleh masing-masing alumni dan berharap adanya dukungan serta kolaborasi dari pihak Dispora.

Selain itu audiensi ini juga diharapkan menjadi langkah positif dalam memperkuat keterlibatan pemuda dalam proses meningkatkan IPP terkhusus di Provinsi Banten.
 
"Diharapkan dialog yang konstruktif ini akan menjadi langkah awal yang penting menuju masa depan yang lebih cerah bagi Banten dan generasi muda yang akan memimpinnya," katanya.

Baca juga: Atlet Universitas Faletehan raih tiga emas di OKC Piala Kemenpora 2023
 
Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Kepemudaan Dispora Provinsi Benten, Imam Santoso, mengatakan, Dispora Provinsi Banten menyambut baik saran yang disampaikan oleh alumni PKPMN IV asal Banten tersebut dan menunggu regulasi resmi dari Kemenpora RI.
 
"Kami mengapresiasi usulan adik-adik alumni PKPMN hanya saja untuk tahun depan mungkin tidak bisa karena sudah terlanjur ditetapkan program kerjanya," katanya.
 
Ia menjelaskan, sudah ada kegiatan latihan kepemimpinan dasar sebagai penunjang Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional, hanya saja formatnya sedikit berbeda dengan PKPMN.
 
"Kalau untuk Pendidikan Kader Pemimpin Muda Daerah mungkin bisa dilakukan di tahun 2025 menunggu surat resmi dari Kemenpora," katanya.

Baca juga: Dishub Kab Tangerang perketat pengawasan jam operasional truk tambang
 
Dalam waktu dekat ini Dispora Provinsi Banten juga akan merayakan hari sumpah pemuda dengan mengadakan dialog kepemudaan yang bertujuan untuk merangsang diskusi dan ide-ide segar dari pemuda dalam upaya memajukan daerah.
 
"Meskipun kita tidak melakukan upacara. Terkait kolaborasi tentu hal yang bagus nanti akan kita libatkan adik-adik alumni PKPMN dan pemuda lainnya dalam kegiatan tersebut," katanya.
 
Alumni PKPMN Angkatan IV asal Banten terdiri dari lima orang yaitu Destya Ramdayani, Emar Muamar, Endang Kurnia, Melisa dan Yugni Maulana Aziz yang merupakan pemimpin muda terbaik dari masing-masing daerah.
 
Para pemimpin muda nasional yang mengikuti pelatihan PKPMN yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI juga mendapatkan pendidikan dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI yang merupakan lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Baca juga: Empat upaya yang dilakukan Kemenkes untuk tanggulangi cacar monyet

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023